Metode Everyone Is A Teacher Here Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas XI di MAS lebong

Tamara, Gia and Rahman, Abdul and Sagiman, Sagiman (2023) Metode Everyone Is A Teacher Here Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas XI di MAS lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext (17).pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Abstrak: Madrasah Aliyah Swasta merupakan sekolah berbasis islami yang setara dengan SMA, dan SMK ataupun sekolah yang sederajat. Madrasah Aliyah Swasta memiliki mata pelajaran yang sama dengan sekolah derajat lainnya namun di Madrasah Aliyah Swasta ditambah dengan dengan mata pelajaran Islam tambahan seperti Akidah Akhlak, Fikih, Al-Qur’an Hadist, dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).Masalah utama dalam penelitian ini adalah strategi yang digunakan guru pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan bagaimana penerapan metode everyone is a teacher here pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Swasta Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Reserch) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari Madrasah Aliyah Swasta Lebong, Guru mata pelajaran SKI dan siswa-siswi kelas XI. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini, guru menerapkan langkah-langkah metode everyone is a teacher here dengan guru menjelaskan materi di awal pelajaran, kemudian guru membagikan secarik kertas kepada siswa yang nantinya akan ditulis peirtanyaan seisuai deingan mateiri yang dipeilajari, lalu siswa meingumpulkan seicarik keirtas yang teilah ditulis keideipan dan akan diacak keimudian keirtas teirseibut akan dibagikan satu keipada masing-masing siswa yang seibeilumnya dipastikan tidak ada siswa yang meineirima keirtas yang ditulis seindiri, keimudian siswa ditugaskan untuk meinjawab masing-masing peirtanyaan yang diteirima keideipan keilas seicara beirgantian, keimudian diakhir peimbeilajaran guru meimbeiri ulasan teintang jawaban yang teilah dijawab oleih siswa. Kelebihan dari diterapkannya metode everyone is a teacher here siswa dapat diajak menjelaskan kepada siswa lain, siswa dapat mengeluarkan ide-ide yang ada dipikirannya sehingga lebih memahami materi serta mendorong tumbuhnya keberanian untuk mengutarakan pendapat secara terbuka sedangkan kekurangannya yaitu meimbutuhkan waktu yang lama, siswa meirasa takut untuk meinjawab peirtanyaan Kata Kunci: Metode Everyone Is A Teacher Here dan MAS Lebong

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Tamara, Giagiatamara1458@gmail.com
Rahman, Abdulabdulrahman04071972@gmail.com
Sagiman, Sagimansagiman@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:11
Last Modified: 01 Aug 2023 08:13
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4118

Actions (login required)

View Item View Item