Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Nilai-Nilai Multikulturalisme Siswa Kelas V di SDIT Rabbi Radhiyya 01 Sidorejo

Yustria, Regina and Sumarto, Sumarto and Indrawari, Karliana (2023) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Nilai-Nilai Multikulturalisme Siswa Kelas V di SDIT Rabbi Radhiyya 01 Sidorejo. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME SISWA KELAS V DI SDIT RABBI RADHIYYA 01 SIDOREJO.pdf

Download (2MB)

Abstract

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME SISWA KELAS V DI SDIT RABBI RADHIYYA SIDOREJO Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan Strategi guru pendidkan agama islam dalam menerapkan nilai-nilai multikulturalisme siswa kelas V di SDIT Rabbi Radhiyya 01 Sidorejo (2) Mendeskripsikan Dampak Strategi guru pendidikan agama islam dalam menerapkan nilai-nilai multikulturalisme siswa kelas V di SDIT Rabbi Radhiyya 01 Sidorejo Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data meliputi (1) Observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) Data Primer, (2) Data Sekunder, Subyek Penelitian meliputi, kepala sekolah, guru pendidikan agama islam, dan siswa-siswi kelas V SDIT Rabbi Radhiyya Sidorejo. Teknik Analisis data yaitu (1) redukasi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Pada teknik keabsahan data dalam penelitian ini pemeriksaan dengan melakukan trianggulasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi yang digunakan guru pendidikan agama islam dalam menerapkan nilai-nilai multikulturalisme adalah: mengajarkan kepada anak-anak untuk selalu menghargai sesama teman walaupun berasal dari suku yang berbeda, Guru memberikan contoh bagaimana cara bergaul yang baik dan menghargai teman ketika berbicara. (2) Dampak strategi guru pendidikan agama islam dalam menerapkan nilai-nilai multikulturalisme adalah Adanya dampak positif yaitu mereka saling menghargai sesama teman, saling merangkul temannya yang bersuku lain, dan ada juga rasa kemanusiaan, rasa persaudaraan diantara mereka.. Kesimpulanya yaitu strategi yang digunakan guru pendidikan agama islam mereka selalu mengajarkan kepada anak-anak untuk selalu saling menghargai sesama manusia walaupun berasal dari suku yang berbeda dan juga ada dampak posititif mereka selalu menghargai sesama teman dan juga memiliki rasa kemanusiaan,rasa persaudaraan diantara mereka. Kata Kunci: Strategi Guru, Nilai-Nila Multikulturalisme

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yustria, Reginareginayustria2@gmail.com
Sumarto, Sumartosumarto.manajemeno@gmail.com
Indrawari, Karlianakarlianaindrawari@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:27
Last Modified: 01 Aug 2023 08:27
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4106

Actions (login required)

View Item View Item