Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Qris (Quick Response Code Indonesian Standard) Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Kecamatan Curup

Hardiansyah, Evan and Hendrianto, Hendrianto and Pefriyadi, Pefriyadi (2023) Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Qris (Quick Response Code Indonesian Standard) Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Kecamatan Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN QRIS (QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD) TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM DI KECAMATAN CURUP.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penggunaan media sosial saat ini sudah banyak digunakan oleh para pelaku UMKM khususnya di Indonesia, yang mana dengan hadirnya media sosial ini bisa membantu pelaku UMKM untuk mengenalkan berbagai macam produk yang mereka buat kepada banyak orang di luar sana agar mereka tertarik untuk melakukan transaksi pada UMKM tersebut. Salah satu fintech yang saat ini sangat populer adalah QRIS yang diterbitkan oleh bank Indonesia. UMKM yang menggunakan QRIS saat ini semakin meningkat dan memang merasakan adanya kemudahan dan manfaat dengan adanya teknologi ini. Dengan melihat kondisi tersebut penelitian ini ingin melihat seberapa besar pengaruh dari penggunaan media sosial dan juga QRIS terhadap pendapatan suatu UMKM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kuantitatif yang mana sumber data primer dari kuesinoer. Populasi penelitian ini yaitu UMKM di Kecamatan curup yang berjumlah 384 UMKM dengan menggunakan teknik sampel teori dari Arikunto sebesar 10% dan didapat sampel sebanyak 38 UMKM pengguna media sosial dan QRIS. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial dan QRIS berpengaruh secara parsial terhadap pendapatan UMKM yang mana dapat dilihat dari hasil uji t yang menunjukkan hasil variabel X1 sebesar 0.005 < 0.05 dan nilai t hitung 2.987 > 2.030 dan variabel X2 sebesar 0.040 < 0.05 dan nilai t hitung 2.138 > 2.030 yang mana artinya variabel-variabel tersebut memiliki pengaruh secara parsial. Penelitian ini juga berpengaruh secara simultan yang mana dapat dilihat dari hasil uji F yang menunjukkan bahwa nilai sig X1 dan X2 sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai F hitung 29.860 > 3.26 dengan demikian media sosial dan QRIS berpengaruh secara simultan terhadap pendapatan UMKM.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hardiansyah, Evanevanhardiansyah1101@gmail.com
Hendrianto, Hendriantohendrianto@iaincurup.ac.id
Pefriyadi, Pefriyadipefriyadi@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:30
Last Modified: 31 Jul 2023 07:30
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4078

Actions (login required)

View Item View Item