Upaya Guru Pendidikan Agama islam Dalam Meningktakan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Strategi Kooperatife Learning KelasvVII A di MTS N 02 Kabupaten Kepahiang

Sulaisi, Sulaisi (2016) Upaya Guru Pendidikan Agama islam Dalam Meningktakan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Strategi Kooperatife Learning KelasvVII A di MTS N 02 Kabupaten Kepahiang. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJARA SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI MELALUI STRATEGI KOOPERATIF LEARNING KELAS~1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi rendahnya motivasi siswa ketika belajar di kelas, banyak pelajar menganggap belajar adalah aktivitas yang tidak menyenangkan. Hal ini disebabkan pembelajaran berlangsung secara monoton, dan tidak melibatkan siswa untuk terlibat aktif. Kajian ini bermaksud untuk mengetahui: (1) Bagaimana proses pembelajaran mata pelajaran SKI di kelas VII A MTs Negeri 02 Keapahiang (2) Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI melalui Strategi kooperatife Learning (3) Apa kelebihan dan kekurangan strategi kooperatif learning dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (File research) yaitu suatu penyelidikan yang dilakukan dalam kehidupan atau objek yang sebenarnya dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dari kajian yang telah dilakukan dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: (1) Proses pembelajaran mata pelajaran SKI di kelas VII A MTs Negeri 02 Keapahiang diawali dengan penyiapan materi dan RPP yang kemudian diterapkan di dalam kelas, dengan membuka pelajaran, menjelaskan materi yang dilanjutkan dengan Tanya jawab kepada siswa serta memberikan tugas dan di akhiri member kesimpulan. (2)Upaya guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI melalui Strategi kooperatif eLearning yaitu dengan melibatkan siswa secara aktif sehingga siswa tidak merasa bosan. (3) Adapun kelebihan strategi kooperatif learning pada mata pelajaran SKI adalah melibatkan siswa secara aktif dalam mengembangkan pengetahuan. Sedangkan kekurangan strategi koopearatif learning adalah guru harus mempersiapkan pembelajaran secara matang, lebih banyak tenaga, pemikiran dan waktu, agar proses pembelajaran berjalan dengan lanca rmaka dibutuhkan dukungan fasilitas yang memadai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sulaisi, SulaisiUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerAsha, LukmanUNSPECIFIED
ReviewerSyah, MabrurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi Siswa; Aktvitas Belajar; strategi; Kooperative Learning
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:26
Last Modified: 25 Oct 2019 04:26
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item View Item