Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Ipa Peserta Didik Kelas V Di Sdn 125 Rejang Lebong

Maulana Hafis, Dinda and Kurniawan, Kurniawan and Bahri, Syaiful (2023) Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Ipa Peserta Didik Kelas V Di Sdn 125 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
SKRIPSI RAIHAN MH (18591107).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana lingkungan sekolah dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar mata pelajaran IPA pada peserta didik kelas V di SD 125 Rejang Lebong. Dalam penelitian ini peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terkait mata pelajaran IPA di kelas V di SDN 125 Rejang Lebong , Kendala dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar siswa, Upaya untuk mengatasi kendala guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terkait mata pelajaran IPA di kelas V di SDN 125 Rejang Lebong. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan menggambarkan permasalahan yang ada sesuai dengan data yang ditemukan di lapangan. Dalam penelitian ini penulis menggambarkan mengenai pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar mata pelajaran IPA peserta didik kelas V di SDN 125 Rejang Lebong. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V, Kepala Sekolah dan siswa di SDN 125 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar mata pelajaran IPA pada peserta didik kelas V di SDN 125 Rejang Lebong masih kurang optimal, terlihat dari kurangnya pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar, seperti infrastruktur yang tidak memadai, kurangnya motivasi dan keterampilan guru, dan kurangnya sikap peduli terhadap lingkungan dari siswa. Meskipun demikian, peserta didik memberikan respon yang positif terhadap pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dan menyatakan bahwa mereka senang belajar IPA dengan menggunakan lingkungan sekolah. Selain itu, penelitian ini juga menekankan pentingnya lingkungan sekolah dalam membantu peserta didik dalam belajar dan memberikan respons positif dari siswa terhadap pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan dan saran yang berguna bagi sekolah dan guru untuk meningkatkan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPA di kelas V. Kata Kunci : Pemanfaatan, Lingkungan Sekolah, Sumber Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Maulana Hafis, Dindaraihanmaulanahafis245@gmail.com
Kurniawan, Kurniawankurniawan@iaincurup.ac.id
Bahri, Syaifulsyaiful@iain.curup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Lingkungan Sekolah, Sumber Belajar
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AI Indexes (General)
A General Works > AM Museums (General). Collectors and collecting (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:24
Last Modified: 10 Aug 2023 08:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4049

Actions (login required)

View Item View Item