Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al-qur’an Di Ma’had Al-jami’ah Stain Curup

Sumiati, Sri Dewi (2016) Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al-qur’an Di Ma’had Al-jami’ah Stain Curup. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR'AN DI MA'HAD AL-JAMI'AH STAIN CURUP.pdf

Download (5MB)

Abstract

Masalah Utama dalam Penelitian ini adalah bahwa Pelaksanaan Tahfizh Qur’an menurut Yahya Bin Abdurrazaq Al-Ghousani bahwasanya bermula 6 juz terakhir atau juz 30, 29, 28, 27, 26 dan 25 jika 6 juz ini telah dikuasai baru berputar haluan untuk menguasai juz 1 hingga juz 24 dengan istiqomah menggunakan satu mushaf. Dan Teknis praktis dalam menghafal Qur’an dengan menerapkan 5T yaitu Tahyi’ah Nafsiyah, Taskhin, Tarkiz, tikrar, dan Tarabuth. Sedangkan di Ma’had Al-Jami’ah STAIN Curup santri-santri dalam pelaksanaan pembelajaran tahfiz di tekankan untuk menghafal mulai dari surat-surat pilihan kemudian juz 30, juz 1, juz 2, juz 3 dan sampai selanjutnya. Dengan menggunkan satu metode yaitu mengulang itu saja tidak semua Santri dapat mencapai Target yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di Ma’had Al-Jami’ah STAIN Curup, serta metode apa yang digunakan dalam proses pembelajarannya dan hambatan apa yang di Alami santri dalam Proses pembelajaran Tahfidz Al-qur’an Di Ma’had Al-jami’ah STAIN Curup. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.Subjek dalam penelitian ini empatPembina Tahfidz Al-Quran yang ditambah dengan 22 santri Tahfidz Al-Qur’an. Peneliti ini menggunakan dua sumber data, yaitu data primer dan data sekunder. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi sehingga reduksi data yang diperoleh kemudian dianalisa serta diambil kesimpulan. Dari hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an di Ma’had Al-Jami’ah STAIN Curup itu dengan dibuatnya jadwal, kemudian dibentuk Khalaqoh sesuai kemampuan santri dan dituntut dalam muroja’ah berpasangan sesuai dengan keseimbangan hafalan santri dan hasil pelaksanaan pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an ini santri ma’had ada 12 santri yang dengan nilai 75-85% dapat mencapai Target. Dan juga ada 25 santri yang dengan nilai 50-60% yang tidak mencapai target hafalan. Kemudian dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode Thariqotu Al-Jumlah, Thariqotu Al-Tadriji dan metode muroja’ah. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat dalam menghafal juga berasal dari dua faktor yaitu faktor intern dan juga faktor ekstern.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sumiati, Sri DewiUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerAmda, Ahmad DibulUNSPECIFIED
ReviewerSagiman, SagimanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Proses Pelaksanaan; Pembelajaran Tahfidz; Metode; Faktor Pendukung; Faktor Penghamba
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:26
Last Modified: 25 Oct 2019 04:26
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/404

Actions (login required)

View Item View Item