Puspita sari, Dini and Ratnawati, Ratnawati and Febriansyah, Febriansyah (2023) Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Literasi di SDN 18 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
PENGUATAN_PENDIDIKAN_KARAKTER_BERBASIS_BUDAYA_LITERASI_DI_SDN_18.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh revolusi karakter melalui pendidikan dengan dicanangkannya Penguatan Pendidikan Karakter oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan disetiap satuan pendidikan formal. Hasil dari suatu proses pendidikan tidak hanya menghasilkan manusia yang cerdas dan terampil, tetapi juga manusia yang berkarakter. Oleh karena itu, perlu dikembangkan pendidikan karakter. Salah satu upaya konkrit yang dapat dilaksanakan adalah kegiatan literasi. Literasi adalah kegiatan yang mencakup membaca, menulis, memahami, dan mengkomunikasikan informasi untuk memperoleh makna dan pesan yang terkandung dalam informasi tersebut. Melalui kegiatan ini minat baca siswa akan meningkat karena kegiatan literasi dilakukan dekat dengan kehidupan sehari�hari siswa. Selain itu, pesan yang diperoleh dalam kegiatan literasi akan mengarahkan siswa untuk berperilaku ke arah yang positif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, pada umumnya penelitian ini merupakan sebuah penelitian yang data-datanya diperoleh dari lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Pendidikan karakter telah diterapkan di SDN 18 Rejang Lebong. Nilai pendidikan karakter yang telah diterapkan adalah nilai reliigus, nasionalis, mandiri, integritas dan gotong royong. 2). Bentuk pendidikan karakter berbasis budaya literasi diterapkan melalui proses kegiatan belajar mengajar, kegiatan sekolah, program literasi/GLS dan program penguatan pendidikan karakter/PPK. Dimana bentuk pendidikan karakter berbasis budaya literasinya menggunakan literasi dini, literasi dasar, literasi perpustakaan dan literasi visual. 3). Penguatan pendidikan karakter berbasis budaya literasi telah berjalan dengan baik. Hal ini dilihat dari penguatan yang diberikan berupa penghargaan baik berupa materi atau berupa kata-kata, senyuman, anggukan dan sentuhan. Penguatan yang diberikan dilaksanakan di kelas ketika proses pembelajaran berlangsung, di lingkungan sekolah dan sekitar sekolah serta di lingkungan masyarakat sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun7 akun7 | ||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2023 02:56 | ||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2023 02:56 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4035 |
Actions (login required)
View Item |