Alandika, Ozy Vebry (2016) Motivasi Mahasiswa Melanjutkan Pendidikan ke PTAI (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi PAI Stain Curup Angkatan 2015). Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
MOTIVASI MAHASISWA MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PTAI.pdf Download (6MB) |
Abstract
Keberadaan Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) Negeri ataupun Swasta sebagai lembaga penanaman nilai dan pembentuk sikap serta karakter, dapat menjadi salah satu pilihan calon mahasiswa dalam melanjutkan jenjang pendidikannya. Eksistensi PTAI juga sudah tidak dipandang sebelah mata, karena sudah setara dengan PTN maupun PTS. Salah satu aspek yang berpengaruh terhadap eksistensi PTAI ini adalah output yang dihasilkan serta motivasi mahasiswa. Masalah utama dalam penelitian ini adalah latar belakang motivasi mahasiswa yang melanjutkan pendidikan ke PTAI, bagaimana motivasi mahasiswa, apa saja dampak positif dari motivasi mahasiswa, serta upaya lembaga dalam meningkatkan motivasi mahasiswa di PTAI. Peneliti berusaha untuk menemukan orientasi apa saja dari motivasi yang dimiliki mahasiswa, serta kesesuaian motivasi dengan cita-cita mereka. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data utama adalah mahasiswa Program Studi PAI angkatan 2015 dan ketua Prodi PAI. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian, Pertama, Perbedaan latar belakang motivasi mahasiswa melanjutkan pendidikan ke STAIN Curup seperti adanya permintaan dari orang tua, paksaan orang tua, minat, rasa ingin tahu, dan keadaan menghasilkan tiga tingkat kebutuhan yaitu aktualisasi diri, kebutuhan sosial, dan rasa aman. Tingkat kebutuhan tertinggi adalah aktualisasi diri yang bisa dicapai jika memiliki minat dan rasa ingin tahu. Kedua, Perbedaan motivasi mahasiswa yang melanjutkan pendidikan di STAIN Curup seperti tidak ada motivasi awal, orientasi yang berbeda, atau ada kebutuhan lain diluar dari motivasi awal melahirkan empat tingkat kebutuhan yang berbeda, yaitu aktualisasi diri, esteem, kebutuhan sosial, dan rasa aman. Aktualisasi diri dapat tercapai jika ada motivasi awal dan harus sejalan dengan orientasi yang dimiliki. Ketiga, Ada dua dampak positif yang ditimbulkan dari motivasi mahasiswa dalam melanjutkan pendidikan ke Prodi PAI STAIN Curup, pertama adalah memperdalam pengetahuan agama, dan yang kedua adalah meningkatkan target diri yang lebih tinggi. Keempat, ada beberapa usaha dan program yang dilakukan Prodi PAI untuk meningkatkan motivasi mahasiswa, yaitu memberikan pembekalan, pencerahan, menambah mata kuliah baru, yaitu kewirausahaan, Bimtek Al-Qur’an dan program beasiswa. Ini diharapkan mampu menguatkan dan meningkatkan motivasi mahasiswa, termasuk juga daya saing dan kualitas dari mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Motivasi; Pendidikan Mahasiswa; Program Studi | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Users 4 not found. | |||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2019 04:25 | |||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2019 04:25 | |||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/403 |
Actions (login required)
View Item |