strategi guru dalam membantu peserta didik untuk mengatasi kesulitan belajar dengan strategi heuristik di SDN 01 Kepahiang

Widiasari, Nia and Ratnawati, Ratnawati and Febriansyah, Febriansyah (2023) strategi guru dalam membantu peserta didik untuk mengatasi kesulitan belajar dengan strategi heuristik di SDN 01 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negri Curup.

[img] Text
SKRIPSI NIA WIDIASARI-KASET.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi guru dalam membant peserta didik untuk mengatasi kesulitan belajar dengan strategi heuristik di SDN 01 Kepahiang. Kajiannya dilatar belakangi dengan strategi heuristik yang diterapkan di SDN 01 Kepahiang. Strategi heuristik dipilih karena Strategi ini didasarkan pada pengelolahan materi pelajaran oleh peserta didik dengan bantuan guru. Dimaksud dengan pengelolahan materi pelajaran adalah materi pelajaran yang tidak disajikan secara tuntas oleh pendidik dengan maksud agar diolah sendiri oleh peserta didik dengan bimbingan dari pendidik untuk mengembangkan keterampilan intelektual, berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah secara ilmiah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dilapangan. Data yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Sedangakan untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) Kesulitan belajar yang dialami peserta didik kelas IV tidaklah sama bisa bisa berasal dari faktor internal maupun eksternal. 2) Strategi heuristik yang digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar di kelas IV SDN 01 Kepahiang adalah strategi heuristik inquiry. Dalam penerapannya strategi ini berpusat pada peserta didik dan guru hanya sebagai fasilitator saja. Sehingga menggugah rasa ingin tahhu serta antusias siswa dalam belajar. 3) Hasil dari penerapan strategi heuristik dalam membantu kesulitan belajar peserta didik ini terbilang efektif dilihat dari semangat serta antusias siswa saat sedang belajar Kata kunci: strategi guru, kesulitan belajar, strategi heuristik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Widiasari, Nianiawidiasari492@gmail.com
Ratnawati, Ratnawatifebriansyah@iaincurup.ac.id
Febriansyah, Febriansyahratnawatistaincurup2@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:09
Last Modified: 28 Jul 2023 03:09
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4017

Actions (login required)

View Item View Item