Pengaruh Metode Takrir Terhadap Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di SMP IT Al-Qudwah Musirawas

Sari, Sugita and Nelson, Nelson and Idris, Muhammad (2023) Pengaruh Metode Takrir Terhadap Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di SMP IT Al-Qudwah Musirawas. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI SUGITA SARI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dari metode takrir yang diterapkan belum secara maksimal dilihat dari sekolah tersebut menerapkan metode takrir dalam menghafal Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah: Pertama, untuk mengetahui pelaksanaan metode takrir terhadap peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur’an di SMP IT Al-Qudwah Musirawas. Kedua, untuk mengetahui kemampuan menghafal peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an di SMP IT Al-Qudwah Musirawas. Ketiga, Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode takrir terhadap peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur’an di SMP IT Al-Qudwah Musirawas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-Eksperimental Design dengan rancangan One Group Pretest Posttest. Penetapan populasi dan sampel diambil dari kelas VIII dengan sampel berjumlah 22 orang siswa dengan cara menjadikan semua populasi menjadi sampel (Total Sampling) pada siswa di SMPIT Al-Qudwah Musirawas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan test. Hasil penelitian menunjukkan: Dari nilai Adjusted R Square sebesar 0.551 = sebesar 55.1%. Jadi termasuk pada kategori “Sedang” sesuai dengan Interpretasi Koefisien Determinasi. Dari beberapa data yang sudah penulis kumpulkan, maka ada pengaruh sebesar 55.1%. Sehingga menunjukkan bahwa variabel metode Takrir (X) berpengaruh sedang dan signifikan terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an (Y). Kata Kunci : Metode Takrir, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, Sugitasugitasari25@gmail.com
Nelson, Nelsonnelsoncurup@gmail.com
Idris, Muhammadmuhammadidris@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:00
Last Modified: 27 Jul 2023 08:00
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3996

Actions (login required)

View Item View Item