Implementasi Penggunaan LKS Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Smp N 17 Rejang Lebong

Wahyuni, Widia Tri and Syahindra, Wandi and Masudi, Masudi (2023) Implementasi Penggunaan LKS Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Smp N 17 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI WIDIA TRI WAHYUNI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari guru PAI yang telah menerapkan penggunaan LKS pada pembelajaran PAI setiap proses pembelajaran. Secara umum LKS digunakan sebagai media pembelajaran yang paling efektif dan efisien. Karena di dalam LKS memuat ringkasan-ringkasan materi yang berkaitan dengan materi pelajaran PAI serta dilengkapi dengan soal-soal latihan. Dengan adanya LKS ini, siswa dengan mudah memahami dan menghafal Pengetahuan Agama Islam seperti yang tersedia di buku pegangan dan guru sebagai pusat informasi. Akan tetapi, penggunaan LKS saja juga memiliki kekurangan yaitu ketika siswa mengalami kesulitan, maka siswa tersebut hanya bergantung pada guru dan sumber informasi dari ringkasan materi di dalam LKS. Hal ini dapat menyebabkan kurangnya informasi secara luas tentang Pendidikan Agama Islam. Hal inilah yang menarik perhatian peneliti sehingga peneliti ingin mengetahui lebih dalam mengenai penerapan penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan LKS PAI di SMP N 17 Rejang Lebong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseach) dan menggunakan pendekatan deskriftif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan tenik analisis data menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclution drawing and varification (penarikan kesimpulan dan verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan LKS dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas VIII A telah digunakan dan diterapkan oleh siswa saat proses pembelajaran. Pada saat proses pembelajaran guru menggunakan buku paket dan LKS sebagai acuan dalam kegiatan belajar mengajar, guru melakukan langkah-langkah sesuai dengan prosedur yang direncanakan, guru memberikan bimbingan dan motivasi terhadap siswa saat proses pembelajaran menggunakan LKS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Wahyuni, Widia TriWidiatriwahyuni@gmail.com
Syahindra, Wandiwandi.syahindra@gmail.com
Masudi, Masudimasudialwi70@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:36
Last Modified: 16 Aug 2023 07:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3995

Actions (login required)

View Item View Item