Penerapan Metode 3t+1m Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an di Ma’had Al-Jami’ah IAINCurup

Ashari, zahara and Karolina, Asri and Putra, Alven (2023) Penerapan Metode 3t+1m Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an di Ma’had Al-Jami’ah IAINCurup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENERAPAN METODE 3T+1M DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ANALISIS METODE 3T+1M DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN CURUP Abstrak Zahara Ashari Peneliti berusaha membuktikan dengan menggunakan metode 3T+1M di Ma’had Al-Jamiah lebih cepat dan praktis dalam menghafal Al-Qur’an, dikarenakan masih banyaknya keluhan dari mahasantri yang sedang menghafalkan ayat Al-Qur’an disebabkan kesulitan dalam menambah hafalan serta kesulitan dalam menjaga hafalan. Oleh karena itu, perlunya menggunakan metode 3T+1M agar hafalan yang mereka hafalkan itu masih utuh tetap pada hati dan pikiran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode 3T+1M dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di Ma’had Al-Jamiah (2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat metode 3T + 1M dalam menghafal Al-Qur’an di Ma’had Al-Jamiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek pada penelitian ini yaitu: Guru Tahfidz Al-Qur’an di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Curup dan mahasantri yang dijadikan responden penelitian ini di Tahfidz Lokal E dan menggunakan teknik keabsahan data yakni: Kredibilitas, dependabilitas, dan Konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam penerapan metode 3T+1M dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di Ma’had Al-Jami’ah terbagi menjadi tiga tahap, diantaranya yakni: Tahap perencanaan diantaranya: menjadi 2 yaitu baik dari pihak mahasantri maupun dari ustadzah Titik Handayani selaku Ustadzah tahfidz di lokal E, tahap pelaksanaan diantaranya dari metode Talaqqi, metode Tafahum, metode Tikrar dan metode Muraja’ah ada beberapa langkah pada setiap metodenya. Dan tahap evaluasi diantaranya: evaluasi pertengahan semester diantaranya meliputi 4 orang santri maju ke depan untuk sambung ayat dan pada persemester para santri disuruh maju perindividu untuk menghafalkan hafalan secara menyeluruh. (2) Faktor pendukung dari menerapkan metode 3T+1M dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di Ma’had Al-Jamiah diantaranya yakni: sering mendengarkan bacaan kaset Al-Qur’an dan mengikuti lomba Al-Qur’an. Sedangkan faktor penghambat dari menerapkan metode 3T+1M dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di Ma’had Al-jamiah terbagi menjadi 2 antara lain: Faktor internal, seperti: tidak bisa memanajemen waktu, kurangnya muraja’ah. Sedangkan faktor eksternal yakni: tidak ada "teman" yang sama-sama hendak menghafal Al-Qur’an Kata Kunci: Implementasi, Metode, dan Tahfidz Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ashari, zaharazaharashari02@gmail.com
Karolina, Asriasrikarolina@gmail.com
Putra, Alvenalvenputra@iaincurup.co.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:49
Last Modified: 27 Jul 2023 03:49
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3986

Actions (login required)

View Item View Item