Analisis Penggunaan Metode Peer Teaching Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Smk Negeri Tugumulyo

Setiawan, Febri and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Hazuar, Hazuar (2023) Analisis Penggunaan Metode Peer Teaching Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Smk Negeri Tugumulyo. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
ANALISIS PENGGUNAAN METODE PEER TEACHING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI TUGUMULYO.pdf

Download (1MB)

Abstract

ANALISIS PENGGUNAAN METODE PEER TEACHING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI TUGUMULYO Febri Setiawan 1 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana perencanaan metode Peer Teaching dalam pembelajaran PAI di SMK Negeri Tugumulyo. (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan metode Peer Teaching dalam pembelajaran PAI di SMK Negeri Tugumulyo. (3) Untuk mendeskripsikan bagaimana evaluasi metode Peer Teaching dalam pembelajaran PAI di SMK Negeri Tugumulyo. (4) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung pelaksanaan penggunaan metode pembelajaran Peer Teaching pada pembelajaran PAI di SMK Negeri Tugumulyo. (5) untuk mendeskripsikan faktor penghambat pelaksanaan penggunaan metode pembelajaran Peer Teaching pada pembelajaran PAI di SMK Negeri Tugumulyo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek pada penelitian ini yaitu: Guru PAI di SMK Negeri Tugumulyo dan siswa yang dijadikan responden penelitian ini di kelas X RPL 6 dan menggunakan teknik teknik keabsahan data yakni: Kredibilitas, dependabilitas, dan Konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan metode Peer Teaching dalam pembelajaran PAI di SMK Negeri Tugumulyo yakni dari mempersiapkan RPP, bahan ajar. (2) pelaksanaan metode Peer Teaching dalam pembelajaran PAI di SMK Negeri Tugumulyo meliputi ada tiga tahapan yaitu: Tahap permulaan, tahap pengajaran dan tahap penilaian serta tindak lanjut. (3) evaluasi metode Peer Teaching dalam pembelajaran PAI di SMK Negeri Tugumulyo yakni Tutor dengan di dampingi oleh guru memberikan bantuan sampai pendidik melakukan pembinaan terus menerus dan mengawasi perkembangan peserta didik selanjutnya. (4) Faktor pendukung dari pelaksanaan penggunaan metode peer teaching meliputi metode ini lebih efektif, meningkatkan rasa tanggung jawab yang tinggi, lebih percaya diri dalam menyampaikan materi dalam pembelajaran (5) Faktor penghambat dari pelaksanaan penggunaan metode peer teaching meliputi memerlukan banyak waktu, membutuhkan perhatian ekstra. Kata Kunci: Peer Teaching, PAI, Metode Pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Setiawan, Febrifebrialapalapsumatera@gmail.com
Hamengkubuwono, Hamengkubuwonohamengku7@gmail.com
Hazuar, Hazuarhazuar@iaincurup.co.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:47
Last Modified: 27 Jul 2023 03:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3983

Actions (login required)

View Item View Item