Persepsi Guru Pai terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMA Negeri 1 Lebong

Nuraini, Sahra and Nurjannah, Nurjannah and Daheri, Mirzon (2023) Persepsi Guru Pai terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMA Negeri 1 Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Sahra PAI.pdf

Download (3MB)

Abstract

PERSEPSI GURU PAI TERHADAP RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DI SMA NEGERI 1 LEBONG ABSTRAK Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah suatu perangkat pembalajaran yang wajib disiapkan oleh pendidik agar pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisian, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Namun permasalahan yang terlihat dalam proses belajar mengajar, pendidik tidak menggunakan RPP sebagai panduan atau pedoman dalam mengajar, dan kurangnya pengetahuan guru mengenai RPP tidak terimplementasikan sepenuhnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui pengetahuan guru PAI mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMA Negeri 1 Lebong. (2) Untuk mengetahui persepsi guru PAI terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMA Negeri 1 Lebong. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan Studi Kasus adalah suatu pendekatan yang lebih menekankan kepada pengamatan atau observasi, wawancara, penelaahan data, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan wakil kepala sekolah sebagai informen pendukung. Kemudian teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data pada penelitian ini menggunakan uji kredibilitas data Triangulasi. Hasil dari penelitian menggambarkan bahwa : (1) Dewan Guru pengampuh mata pelajaran Pendidikan Agama Islam serta Waka Kurikulum di SMA Negeri 1 Lebong sudah memahami dengan baik mengenai RPP. Di SMAN 1 Lebong menggunakan RPP sesuai dengan Format dan aturan yang ada didalam Kurikulum K13. (2) Guru Pendidikan Agama Islam dan Waka Kurikulum di SMA Negeri 1 Lebong mempersepsikan bahwa RPP merupakan hal terpenting dalam pelaksanaan pembelajaran. RPP harus diaplikasikan dengan baik dan benar dalam pelaksanaan pembelajaran. RPP dianggap sebagai program utama, pedoman dan kunci dalam pelaksanaan pembelajaran agar tujuan dalam pembelajaran tercapai dengan Sempurna serta bisa melahirkan peserta didik yang kreatif, inovatif, berprestasi, serta berakhlak Mulia. Maka dari itu dalam Pelaksanaan Pembelajaran harus sesuai dengan RPP yang telah dibuat oleh masing-masing guru sesuai dengan kelas Pendidikan Agama Islam yang diampuh olehnya. Kata Kunci : RPP, Guru Pendidikan Agama Islam, Pelaksanaan Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nuraini, Sahrasahranuraini55@gmail.com
Nurjannah, Nurjannahnurjannah@iaincurup.ac.id
Daheri, Mirzonmirzondaheri@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 31 Jul 2023 04:02
Last Modified: 31 Jul 2023 07:52
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3980

Actions (login required)

View Item View Item