Implementasi Metode qur’an Memorization Tools Dalam Pembelajaran Tahfidz Qur’an di Kelas VIII salman SMP IT Rabbi Radhiyya curup Tahun ajaran 2015 – 2016

Solihin, Deri Yatus (2016) Implementasi Metode qur’an Memorization Tools Dalam Pembelajaran Tahfidz Qur’an di Kelas VIII salman SMP IT Rabbi Radhiyya curup Tahun ajaran 2015 – 2016. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
IMPLEMENTASI METODE QUR’AN MEMORIZATION TOOLS DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ QUR’AN DI KELAS VIII SALMAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sebagai seorang islam pendidikan diambil dari Al-Qur’an dan Hadits, karena Al-Qur’an merupakan petunjuk serta pedoman hidup bagi manusia, dan sudah tentu kewajiban kita umat islam untuk memelihara dan menjaganya dengan cara membaca, mengamalkan serta menghafalkannya, oleh karena itu sudah menjadi kewajiban kita umat Islam untuk menjaga kemurnian Al-Qur’an dan Allah memudahkan setiap orang yang ingin mengingat serta menghafalkannya dan ini sudah diterapkan di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Rabbi Rhadiyya yang membuat Program Tahfidz Qur’an dengan harapan peserta didiknya bisa menjaga kemurnian Al-Qur’an dengan cara menghafalkannya dan sekolah ini memiliki banyak sekali metode yang dapat menunjang keberhasilan para santri dalam menjadikan mereka seorang hafidz Qur’an, salah satunya metode QMT yang memanfaatkan teknologi untuk mencapai tujuan pembelajaran tahfidz Qur’an di SMPIT Rabbi Rhadiyya Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana Implementasi Metode QMT dalam Pembelajaran Tahfidz Qur’an di kelas VIII Salman dan faktor-faktor pendukung serta faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif. Data di peroleh melalui Observasi, wawancara dan Dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Metode QMT di pembelajaran Tahfidz Qur’an kelas VIII SMPIT Rabbi Radhiyya Curup, sudah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran Metode QMT. Dan tahapan itu telah dilakukan guru tahfidz di SMPIT Rabbi Rhadiiya dengan sangat baik, dan terbukti keberhasilan para siswanya dalam menghafal setiap target hafalan yang ingin mereka capai Faktor pendukung implementasi metode QMT dalam pembelajaran tahfidz Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Rabbi Radhiyya Curup terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari: motivasi siswa, kecerdasan siswa, dan kemampuan membaca Al-Qur’annya. Sementara faktor pendukung yang berasal dari faktor ekternal meliputi: ketersediaan guru Tahfidz, sarana dan prasarana, dan peran orang tua. Faktor penghambat dalam mengimplementasikan metode Qur’an Memorization Tool dalam pembelajaran Tahfidz Quran yang juga terdiri dari faktor ekternal dan internal, faktor internal yakni: kurangnya motivasi siswa, rendahnya kecerdasan siswa, kurangnya kemampuan membaca Al-Qur’an serta Akhlak siswa, sementara faktor penghambat yang berasal dari luar meliputi, kurangnya ketersediaan sarana dan Prasarana dan kurangnya perhatian orang tua, Demi kelancaran proses pembelajaran Tahfidz Qur’an dengan Metode QMT pihak Sekolah sebaiknya menemukan solusi mengenai faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam penerapan metode QMT tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Solihin, Deri YatusUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerHarun, UlfaUNSPECIFIED
ReviewerRiyadi, DayunUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Agama Islam; Pembelajaran Al-Qur'an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Okky Rizkyantha
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:25
Last Modified: 25 Oct 2019 04:25
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/395

Actions (login required)

View Item View Item