Pelaksanaan Kegiatan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Tema Sikap dan Kebiasaan Belajar Yang Baik di SMA N 1 Rejang Lebong

Yunita, Rohma (2019) Pelaksanaan Kegiatan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Tema Sikap dan Kebiasaan Belajar Yang Baik di SMA N 1 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PELAKSANAAN KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEMA SIKAP DAN KEBIASAAN BELAJAR YANG BAIK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sikap dan kebiasaan belajar yang positif akan menimbulkan intensitas kegiatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan sikap belajar yang negatif. Namun pada kenyataannya yang terjadi di SMA N 1 Rejang Lebong masih ada sebagian siswa yang menunjukkan sikap belajar yang kurang baik (negatif) sehingga diperlukan upaya perbaikan melalui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok. Tujuan dari penelitian ini secara umum untuk mengetahui hasil dari pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan tema sikap dan belajar yang baik yang dilaksanakan oleh guru BK di kelas XI IPS 3 SMA N 1 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek pada penelitian ini adalah guru BK SMA N 1 Rejang Lebong dan 10 orang siswa kelas XI IPS 3 yang dikategorikan bermasalah. Hasil penelitian dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan tema sikap dan kebiasaan belajar sudah terbilang bagus dan sesuai dengan prosedur. Pelaksanan dilakukan dengan tujuan mengembangkan perasaan, pikiran, persepsi, sikap tidak menunjang perilaku yang efektif dan mengembangkan sosialisasi/komunikasi siswa dalam belajar. Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dilaksanakan ketika jam kelas kosong, dilaksanakan di dalam ruang kelas dan anggota kelompok dalam kelompok siswa kelas XI IPS 3 jumlah 10 orang 5 lakilaki 5 perempuan, layanan bimbingan kelompok dilaksanakan 2 kali, tiap pelaksanaan memiliki durasi waktu sekitar 1 jam serta faktor penghambat pelaksanaan yaitu dikarenakan tidak ada jam masuk kelas untuk guru BK. kemudian tahapan yang digunakan dalam pelaksanaan ada 4 tahapan diantara tahapan pembentukan, peralihan, kegiatan dan pengakhiran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yunita, RohmaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerHidayat, RahmadUNSPECIFIED
ReviewerNafrial, NafrialUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok; Sikap dan Kebiasaan Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:25
Last Modified: 25 Oct 2019 04:25
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/394

Actions (login required)

View Item View Item