Upaya Kepala Sekolah Menghadapi Dampak Negatif Era Disruptif Pada Siswa SMP Negeri Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara

Nikma, Nittia Hayatun and Bahri, Syaiful and Siswanto, Siswanto (2023) Upaya Kepala Sekolah Menghadapi Dampak Negatif Era Disruptif Pada Siswa SMP Negeri Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
UPAYA KEPALA SEKOLAH MENGHADAPI DAMPAK NEGATIF ERA DISRUPTIF PADA SISWA SMP NEGERI KARANG JAYA KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi terjadinya perkembangan teknologi pendidikan yang memberi dampak positif dan dampak negatif kepada peserta didik. Karena di masa sekarang banyak peserta didik yang menggunakan teknologi dengan tidak baik sehingga membuat banyak peserta didik yang berdampak negatif diantaranya kenakalan remaja. Dampak negatif ini lebih berdampak besar kepada siswa dikarenakan siswa masih labil dan belum bisa membedakan mana yang baik dan tidak baik., sehingga kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah di tuntut untuk melakukan upaya dalam menghadapi dampak negatif era disruptif saat ini. Kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah perlu melakukan upaya dalam menghadapi dampak negatif yang terjadi pada siswa. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang mana subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru dan siswa. lokasi penelitian di SMP Negeri Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan. Metode pengumpulan data adalah dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi dan penyajian data. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan pengecekan melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukan pertama upaya yang dilakukan kepala sekolah adalah membuat aturan dalam penggunaan teknologi di sekolah, memberikan arahan kepada guru, bekerjasama dengan orangtua atau wali siswa, sekolah peka terhadap inovasi terbaru, memanfaatkan teknologi pendidikan dengan baik, kepala sekolah bekerjasama dengan masyarakat dan penanaman nilai karakter pada anak didik. Setelah dilakukan beberapa upaya tersebut diharapkan dampak negatif yang terjadi pada siswa dapat di minimalisir. Hasil penelitian yang kedua adalah kendala kepala sekolah dalam menjalankannya perannya di era disruptif adalah peran kepala sekolah sebagai pemimpin terkendala karena banyak warga sekolah yang susah di atur dan tidak bisa mengontrol dan memantau siswa secara terus menerus di luar sekolah. Kata Kunci : Upaya Kepala Sekolah, Dampak Negatif, Era Disruptif, Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nikma, Nittia Hayatunnittianikmahayatun@gmail.com
Bahri, SyaifulSyaiful@iaincurup.ac.id
Siswanto, SiswantoSiswanto@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:55
Last Modified: 20 Jun 2023 03:55
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3870

Actions (login required)

View Item View Item