Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum Bernuansa Pesantren (Studi di SMPN 06 Lebong)

Sasmita, Ria Carta and Sutarto, Sutarto and Fakhruddin, Fakhruddin (2023) Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum Bernuansa Pesantren (Studi di SMPN 06 Lebong). Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
ria carta sasmita, 19871023, pendidikan agama islam.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nama Ria Carta Sasmita, NIM. 19871023 , Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum Bernuansa Pesantren (Studi di SMP Negeri 06 Lebong), tesis, Program Pascasarjana IAIN Curup, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), 2023. 70 halaman. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah program sekolah bernuansa pesantren di SMP Negeri 06 Lebong ini sesuai, atau sudah mengarah kesana, atau bahkan tidak sama sekali dengan kesepakatan bersama antara direktur pembinaan Sekolah Menengah Pertama dan direktur pendidikan diniyah dan pondok pesantren Nomor 1763.1/C3/KP/2013 dan Nomor Dj.I/Dt.i.III/3/PP.00.7/2509/2913 tentang pengembangan sekolah menengah pertama berbasis pesantren. Baik dari segi implementasi, implikasi serta faktor pendukung dan penghamabat. Sekolah Berbasis Pesantren (SBP) merupakan salah satu model pendidikan Islam yang mengintegrasikan dua sistem, yakni keunggulan sistem pesantren dan keunggulan sistem sekolah. Metode yang diaplikasikan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi SMP berbasis pesantren harus memenuhi 11 syarat sebagai penyelenggara Program SMP Berbasis Pesantren (SBP), tapi dari syarat tersebut, hanya 6 yang terpenuhi, sedangkan 4 belum terpenuhi, sehingga SMP Negeri 06 Lebong ini belum bisa dikatakan SMP berbasis pesantren, namun sudah mengarah ke sana. (2) Implikasi dari program SUBP terhadap SMP Negeri 06 Lebong ini, dapat dilihat dari animo masyarakat bersekolah dan menyekolahkan anaknya di SMP Negeri 06 Lebong ini. Dalam implikasinya terhadap peserta didik yaitu, menciptakan lulusan yang memiliki iman dan takwa sekaligus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi secara utuh. (3) faktor pendukung dari program pengembangan SUBP di SMP Negeri 06 Lebong. terdiri dari : Kepercayaan Komite Sekolah, Komunikasi Antar Warga Sekolah, Kekompakan Pendidik dan Tenaga Kependiddikan serta Komitmen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. sedangkan faktor penghambat dari program pengembangan SUBP di SMP Negeri 06 Lebong yaitu dalam tahap perencanaan, guru-guru SMP Negeri 06 Lebong telah mencoba memasukkan nilai-nilai kultur kepesantrenan ke dalam dokumen silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), namun terkendala ketika ada supervisi dari pengawas. Karena model dokumen pembelajaran tersebut dianggap “aneh”, sehingga harus direvisi atau dibuat ganda. Hal tersebut sangat memberatkan bagi guru, mengingat keterbatasan waktu yang tersedia di samping beban kerja yang cukup berat dan padat serta menguras tenaga dan pikiran. Sehingga model administrasi pembelajaran yang dibuat dan digunakan di SMP Negeri 06 Lebong kembali kepada konsep semula, dengan desain yang umum dengan desain yang umum. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam; Sekolah Bernuansa Pesantren; SMP Negeri 06 Lebong

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Sasmita, Ria Cartariacartas01@gmail.com
Sutarto, Sutartosoetartoo74@gmail.com
Fakhruddin, Fakhruddinfakhruddin@iaincurup.ac
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 11 Aug 2023 02:13
Last Modified: 11 Aug 2023 02:13
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3867

Actions (login required)

View Item View Item