Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Anak Penyandang Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Lahat

Nuzulia, Laili and Mahfuz, Mahfuz and Syahindra, Wandi (2023) Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Anak Penyandang Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Lahat. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
skripsiii lai lengkap.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pemahaman belajar siswa mendukung tercapainya tujuan pendidikan, namun pada kenyataannya pemahaman belajar siswa kurang, khususnya tunagrahita di SLBN Lahat. Ketika pemahaman siswa tentang belajar atau kurang, hal itu menghambat pendidikan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tentang upaya guru untuk meningkatkan pemahaman belajar anak tunagrahita, bertujuan untuk mengetahui pemahaman belajar anak tunagrahita dan upaya guru untuk meningkatkan pemahaman belajar tersebut. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode ceramah dan metode mengulang di sekolah luar biasa lahat dan untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam meningkatkan pemahaman belajar anak tunagrahita di Lahat (SLBN).Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pembelajaran anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa negeri Lahat (SLBN). Dan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kurangnya ketidak pahaman belajar pada anak (SLBN) di Lahat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang meneliti pendidikan agama Islam dan guru Waka kurikulum. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Lahat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan langsung di lapangan. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan penelitian yang dihasilkan, dapat disimpulkan bahwa metode cermah dan mtode mengulang dan upaya guru agama Islam untuk meningkatkan pemahaman belajar anak tunagrahita akan bermanfaat:Upaya pemahaman faktor penyebab kurangnya pemahaman yaitu dengan kemampuan yang rendah tingkat pemahamannya sangat rendah, kendalanya sama yaitu karena mereka sulit memahami pelajaran yang di sampaikan oleh Guru, sehingga mereka harus mengulanginya untuk memahami pelajaran dengan cara berulang-ulang yang belum mereka pahami dan selalu memakai alat praga untuk mereka agar bisa mengetahui apa yang di sampaikan , dan itu juga tergantung pada kemampuan anak, dan guru sangat perlu mengetahui kebutuhan belajar masing-masing, karena mereka ada batasan yang berbeda. Kata Kunci: Upaya, guru Pendidikan agama islam, meningkatkan pemahaman anak tunagrahirta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nuzulia, Laililailinuzulia7@gmail.com
Mahfuz, MahfuzMahfuz@iaincuruo.ac.id
Syahindra, Wandiwandi.syahindra@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:39
Last Modified: 14 Jun 2023 07:39
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3849

Actions (login required)

View Item View Item