Restika, Mira and Purnama Sari, Dewi and Ristianti, Dina Hajja (2023) Pelaksanaan Layanan Informasi Dalam Mengembangkan Perilaku Disiplin Siswa di SMK Negeri 01 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU DISIPLIN SISWA DI SMK NEGERI 01 REJANG LEBONG.pdf Download (3MB) |
Abstract
Seorang guru BK atau pembimbing bertanggung jawab untuk siswa didiknya yang ada di sekolah tersebut apalagi soal ketidak disiplinan siswa terhadap peraturan sekolah, guru BK harus memberikan layanan kepada siswa yang sering melakukan kesalahan terhadap dirinya sendiri oleh karna itu tujuan guru BK disana melakukan layanan informasi dalam mengembangkan perilaku disiplin siswa yang ada sana, bukan cuman untuk siswa yang kurang disiplin guru BK melakukan layanan informasi terhadap semua siswa yang ada disekolah untuk membentuk perilaku yang sesuai dengan apa yang telah di atur untuk mencapai sesuatu yang baik dan diharapkan di sekolahan SMK N 01 Rejang Lebong. Jenis Penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kualitatif atau penelitian lapangan. Dalam penelitian ini peneliti melakukan wawancara dengan guru BK selaku informan kunci. Dan 8 orang siswa yang mengalami permasalahan kedisiplinan sebagai trianggulasi data, serta waka kesiswaan, dan wali kelas siswa. Tehnik pengumpulan data disini peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data, dalam triangulasi data ini peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik yang berisi hasil observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa yang menjadi dasar pertimbangan guru BK dalam memberi layanan informasi untuk mengembangkan perilaku disiplin siswa karna masih ada siswa yang memiliki perilaku kurang disiplin seperti sering datang terlambat, membolos, tidak mengerjakan tugas, sering keluar saat jam pelajaran dan tidak berpakaian rapi. Waktu yang di gunakan guru BK yaitu di setiap jam pelajaran khusus BK setiap minggunya dan bisa menggunakan jam kosong atau ketika guru mata pelajaran lain sedang tidak ada. Dan durasi waktu yang digunakan oleh guru BK sendiri adalah kurang lebih 30 menit untuk melaksanakan layan informasi. Tempat pelaksanaannya yaitu seperti di ruangan kelas, luar kelas, aula dan di aplikasi seperti google met, dan zoom. Materi layanan informasi untuk mengembangan perilaku disiplin siswa diantaranya disiplin diri, pola hidup bersih dan sehat, dan jiwa kepemimpinan. Pada waktu pelaksanaan siswa yang telah mendapatkan layanan informasi tersebut siswa sangat aktif dalam memperhatiakan apa yang disampaikan dan antusias dalam memberikan pendapatnya serta mengerti apa yang disampaikan oleh guru BK terhadap layanan yang disampaikan setelah diberikan layanan informasi jika masih ada siswa yang belum berubah maka guru BK melakukan layanan konseling individu kepada siswa tersebut setelah diberikan layanan individu jika siswa belum beurbah maka guru BK akan menyerahkan siswa tersebut ke waka kesiswaan untuk tindak lanjutnya lebih dalam. Kata Kunci :.layanan informasi, perilaku disiplin
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 13 Jun 2023 06:51 | ||||||||
Last Modified: | 13 Jun 2023 06:51 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3848 |
Actions (login required)
View Item |