Upaya Kepala Sekolah Dalam Membangun Brand Image Untuk Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan di SMA Negeri 10 Rejang Lebong

Sumara, Sri and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Amin, Muhammad (2023) Upaya Kepala Sekolah Dalam Membangun Brand Image Untuk Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan di SMA Negeri 10 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
sri sumara.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING LEMBAGA PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 10 REJANG LEBONG OLEH SRI SUMARA NIM. 19561038 Di era gelobalisasi persaingan dalam bidang pendidikan yang semakin berkembang mengharuskan lembaga pendidikan untuk bersaing menjadi yang paling baik. Jadi upaya untuk memasarkan pendidikan menjadi penting di dalamnya. Upaya promosi sangat membantu untuk menawarkan dukungan terbaik kepada pembeli, untuk mendapatkan merek dan citra yang bagus dari masyarakat agar dapat meningkatkan keunggulan lembaga pendidikan. SMA Negeri 10 Rejang Lebong menerapkan upaya pemasaran dengan membangun brand image lembaga untuk meningkatkan daya saing lembaga pendidikan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya kepala sekolah dalam membangun brand image untuk meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di SMA Negeri 10 Rejang Lebong dan untuk mengetahui faktor-faktor pembentuk brand image di SMAN 10 Rejang Lebong. Penelitian ini Merupak penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Lokasi penelitian di SMA Negeri 10 Rejang Lebong yang terletak di Jalan Lintas PJKA kota padang. Metode pengumpulan data adalah dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analis data menggunakan teknik reduksi dan penyajian data. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan pengecekan melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukan hasil bahwa upaya kepala sekolah dalam membangun brand image untuk meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di SMA Negeri 10 Rejang Lebong dengan melalui tiga upaya positioning, differentation, brand servuce proces. Faktor pembentu brand image untuk meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di SMA Negeri 10 Rejang Lebong adalah pendidik dan tenaga kependidikan, akreditasi sekolah, prestasi siswa, kualitas lulusan, program unggulan sekolah, hubungan sekolah dengan masyarakat. Kata Kunci: Brand Image, Pemasaran Pendidikan, Globalisasi, Daya Saing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sumara, Srisrisumara01@gmail.com
Hamengkubuwono, Hamengkubuwonohamengku7@gmail.com
Amin, Muhammadaminmuhammad@iaincurup.co.id
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:17
Last Modified: 05 Jun 2023 03:17
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3835

Actions (login required)

View Item View Item