Azisa, Lezi and Taqiyuddin, Muhammad and Arbaini, Wiwin (2023) Tinjauan Terhadap Minat dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Mind Map Pada Pelajaran Fiqh di Mts Negeri 1 Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Lezi Azisa (19531079).pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari Minat dan motivasi belajar siswa melalui penerapan mind map pada pelajaran Fiqh di Mts negeri 1 lebong dalam penulisan skripsi ini membahas tentang bagaimana minat belajar siswa melalui penerapan mind map pada pelajaran fiqh di MTS Negeri 1 Lebong bagaimana motivasi belajar siswa melalui penerapan mind map pada pelajaran Fiqh di MTS Negeri 1 Lebong Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang melalui observasi dan wawancara dan data sekunder yaitu melalui hasil wawancara dan data dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu penelitian sendiri. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data digunakan uji keradibilitas dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini dapat di peroleh yaitu Pertama. Minat Belajar Siswa Melalui Penerapan Mind Map pada Pelajaran Fiqh di MTS Negeri 1 Lebong. Upaya untuk menerapkan minat belajar siswa itu pertama siswa diberi pemahaman terlebih dahulu tentang materi yang akan dipelajari mengenai peta konsep atau mind map itu sendiri, upaya penerapannya sangat bagus terutama dalam pembelajaran mata pelajaran fiqh. Jadi disini untuk mind map ini upaya nya sangat bisa terminati siswa mengeluarkan inspirasi melalui konsep-konsep mind map itu sendiri”. Kedua motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Mind Map pada Pelajaran Fiqh di MTS Negeri 1 Lebong. motivasi siswa dalam penerapan mind map pada pelajaran fiqh ini, pertama dalam pembelajaran menggunakan mind map ini tadi mereka diberikan kreasi masing-masing melalui seni, kemudian diberikan tanggung jawab untuk sebuah kelompok untuk melaksanakan tugas, jadi hal ini sebagai salah satu bentuk tanggung jawab mereka, kemudian memberikan mereka apresiasi ketika mereka mempersentasikan melalui mind map itu mereka diberikan reward siapa yang persentasi nya bagus kemudian yang membuat media mind map nya itu bagus juga di berikan reward, reward tersebut berupa nilai yang bagus atau pun berupa hadiah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Users 31 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 05 Jun 2023 02:29 | ||||||||
Last Modified: | 05 Jun 2023 02:29 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3834 |
Actions (login required)
View Item |