Implementasi Buku Tema 2 Dikelas III SDN 73 Rejang Lebong

Maulani, Riska and Nurmal, Ifnaldi and Putrajaya, Guntur (2023) Implementasi Buku Tema 2 Dikelas III SDN 73 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negri Curup.

[img] Text
RISKA MAULANI(18591119)PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI BUKU TEMA 2 DIKELAS III SDN 73 REJANG LEBONG Oleh : Riska Maulani 18591116 Berhasilnya suatu proses pendidikan, bergantung pada proses pembelajaran yang terjadi di sekolah. Kemampuan guru yang berhubungan dengan pemahaman guru akan hakekat belajar akan sangat mempengaruhi proses pembelajaran yang berlangsung. apabila pemahaman guru tentang belajar adalah proses memperoleh perilaku secara keseluruhan, proses pembelajaran yang terjadi mencerminkan suatu kesatuan yang mengandung berbagai persoalan untuk dipahami oleh anak secara keseluruhan dan terpadu. Penelitian ini betutujuan untuk mengetahui bentuk buku tema 2 dikelas III SDN 73 Rejang Lebong, mengetahui implementasi buku tema 2 dikelas III SDN 73 Rejang Lebong, dan untuk mengetahui kendala dalam penegerapan buku tema 2 di kelas III SDN 73 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain, secara holistik, dan dengan cara mendeskripsikan dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Hasil penelitian adalah Pertama, Dalam satu buku tema terdapat 4 (empat) sub tema, dalam satu sub tema terdapat 6 pembelajaran. Dalam satu pemmbelajaran itulah terdapat beberapa mata pelajaran yang harus di ajarkan pada hari itu oleh guru. Mata pelajaran yang terdapat di satu pembelajaran tersebut saling berkaitan. Sehingga mata pelajaran pertama berhubungan dengan mata pelajaran kedua begitupun mata pelajaran yang ketiga. Dalam satu pembelajaran paling banyak terdapat 3 (tiga) mata pelajaran dan paling sedikit 2 (dua) mata pelajaran. Kedua, pada penerapan buku tema guru mengajar menggunakan perangkat pembelajaran seperti RPP, silabus, program semester, buku absen siswa, program tahunan. Dalam mengajar guru mengacu pada RPP yang telah di buat di awal. Namun RPP tersebut menyesuaikan dengan keadaan siswa disekolah. Walaupun menyesuaikan keadaan siswa pencapaian yang harus dicapai oleh guru tetap mengacu pada kompetensi dasar. Kompetensi inti dan indikator dalam pembelajaran. Ketiga, kendala dalam penerapan buku tema 2 ini terdapat kedala internal dan eksternal. Kendala ekternal berupa kendala sarana dan prasana. Kendala internal kendala materi pembelajaran dan penerapan buku tema. Kendala-kendala tersebut dapat diatasi guru dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Maulani, Riskariskamaulani0077@gmail.com
Nurmal, Ifnaldiifnaldi1965@gmail.com
Putrajaya, Gunturgunturcikaman@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 24 May 2023 07:31
Last Modified: 24 May 2023 07:31
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3817

Actions (login required)

View Item View Item