Sari, Anggun Mutiara and Harmi, Hendra and Daheri, Mirzon (2023) Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Buku Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dan Implementasinya Dalam Membentuk Sikap Moderat Siswa Di SMAN 1 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
SKRIPSI ANGGUN Mutiara Sari _18531010.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh isu yang menjelaskan bahwa terdapat orang yang menggambarkan wajah nabi Muhammad saw didalam buku Pendidikan Agama Islam yang tentunya dapat menyebabkan perpecahan antar sesama umat, selain itu juga moderasi beragama masih tergolong baru sehingga lembaga pendidikan masih belum siap untuk menerapakan nilai moderasi beragama padahal semua itu sangat penting agar bisa diterapkan kepada siswa supaya tidak terjadi perselisihan yang dapat memecahkan perdamaian diantara sesama. Berdasarkan latar belakang tersebut dan berbagai observasi maka penelitian ini sangat penting untuk diangkat guna mengungkap nilai-nilai yang ada dalam buku Pendidikan Agama Islam dan bagaimana implementasinya terhadap sikap moderat siswa. Adapun tujuan penelitan ini yaitu untuk mengetahui nilai-nilai apa saja yang terdapat pada buku Pendidikan Agama Islam kelas X,XI, dan XII, serta untuk mengetahui implementasi nilai moderasi beragama dalam membentuk sikap moderat siswa kelas X, XI, dan XII. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Objek penelitian ialah buku Pendidikan Agama Islam dan juga guru Pendidikan Agama Islam serta siswa kelas X, XI, dan XII. Penelitian ini bersifat studi kepustakaan (library research) karena menggunakan buku Pendidikan Agama Islam selain itu juga menggunakan penelitian lapangan. Maka teknik pengumpulan data yang akan digunakan oleh peneliti adalah teknik wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan, Content Analysis (analisis isi), Data Reduction (reduksi data), Data display (penyajian data), dan Conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Pada hasil penelitian dan analisis yang dilakukan oleh peneliti dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti jenjang SMA dari kelas X-XII tentunya memiliki nilai moderasi beragama. Muatan ini disajikan secara Implisit maupun Eksplisit. Sementara jika dilihat dari segi implementasi untuk membentuk sikap moderat siswa yang didasari dengan 10 indikator moderasi beragama sudah terlaksana dengan baik. Semua itu dapat dilihat dari cara guru terhadap siswa dalam proses pembelajaran maupun siswa dengan siswa. Namun untuk yang siswa ada dua indikator yang masih belum terpenuhi yaitu menerapkan nilai i’tidal, musawah .
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Users 31 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 23 May 2023 03:29 | ||||||||
Last Modified: | 23 May 2023 03:29 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3805 |
Actions (login required)
View Item |