Kreativitas Guru PAI dalam Menciptakan Pembelajaran yang Efektif pada kelas XII di SMKIT Rabbi Radhiyya Selupu Rejang

Fatmawati, Siti and Sutarto, Sutarto and Warlizasusi, Jumira (2023) Kreativitas Guru PAI dalam Menciptakan Pembelajaran yang Efektif pada kelas XII di SMKIT Rabbi Radhiyya Selupu Rejang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SITI FATMAWATI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kreativitas Guru PAI dalam Menciptakan Pembelajaran yang Efektif pada kelas XII di SMKIT Rabbi Radhiyya Selupu Rejang ABSTRAK Kreativitas seorang guru sangat dibutuhkan dalam kaitannya dengan pelaksanaan tugas utamanya sebagai pengajar, begitu juga dengan guru PAI siswa dituntut kreatif dalam menciptakan pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru PAI dalam menggunakan sumber belajar, metode dan media dalam menciptakan pembelajaran yang efektif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif.Adapun yang menjadi informan penelitian ini adalah guru pendidikan agama islam (PAI), kepala sekolah SMKIT Rabbi Radhiyya, siswa-siswi kelas XII. Teknik pengumpulan data dengan observasi,wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Teknik keabsaan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kredibilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan, pertama kreativitas guru PAI dalam menggunakan sumber belajar untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dilakukan dengan beberapa cara yaitu guru memilih sumber belajar yang dapat memotivasi siswa, sumber belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran, sumber belajar sesuai dengan hasil penelitian , sumber belajar dapat memecahkan masalah, dan sumber belajar dapat dipresentasikan. Kedua, Kreativitas guru PAI dalam menggunakan metode pembelajaran untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dilakukan dengan beberapa cara yaitu dengan memilih metode yang dapat membangkitkan rasa ingin tahu para pelajar, metode yang dapat membangkitkan optimisme positive dalam diri pelajar,memilih dapat mendorong perkembangan kreativitas para pelajar, memilih dapat mengajar secara efektif. Ketiga, Kreativitas guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dilakukan dengan beberapa cara yaitu dengan kualitas tampilan yang menarik, memberikan pengalaman kepada siswa, memiliki ciri khas pada media pembelajaran, mudah dalam penggunaan hasil belajar yang meningkat. Kata kunci : Kreativitas guru PAI, Pembelajaran yang efektif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Fatmawati, Sitisitifatmawati532@gmail.com
Sutarto, Sutartosutarto@iaincurup.ac.id
Warlizasusi, Jumirajumira.ifnaldi@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 17 May 2023 08:33
Last Modified: 17 May 2023 08:33
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3802

Actions (login required)

View Item View Item