Implementasi Manajemen Konflik Dalam Menyelesaikan Persoalan Kedisiplinan Peserta Didik Smp Negeri 06 Rejang Lebong

Alefia, Krisna Esti and Murniyanto, Murniyanto and Amin, Muhammad (2023) Implementasi Manajemen Konflik Dalam Menyelesaikan Persoalan Kedisiplinan Peserta Didik Smp Negeri 06 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
IMPLEMENTASI MANAJEMEN KONFLIK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manajemen konflik adalah proses pengelolaan konflik antara dua pihak atau lebih dengan menerapkan fungsi manajemen sehingga konflik dapat diselesaikan dengan baik. Implementasi manajemen konflik dalam menyelesaikan persoalan kedisiplinan peserta didik adalah hal yang sangat penting dilakukan karena persoalan kedisiplinan adalah masalah umum dalam dunia pendidikan dan juga kedisiplinan peserta didik dapat mencapai tujuan pendidikan. Adanya pengelolaan konflik kedisiplinan peserta didik, maka dibutuhkan suatu manajemen konflik yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Manajemen Konflik dalam Menyelesaikan Persoalan Kedisiplinan Peserta Didik SMP Negeri 6 Rejang Lebong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan bersifat deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kesiswaan, guru, dan peserta didik SMP Negeri 6 Rejang Lebong. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penulis adalah reduksi daya, sajian daya, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Pertama, perencanaan manajemen konflik dilakukan dengan identifikasi masalah kedisiplinan yang perlu diatasi, tinjau kebijakan kedisiplinan yang ada, menentukan langkah-langkah penyelesaian, pelaksanaan langkah-langkah penyelesaian, evaluasi. Kedua, implementasi manajemen konflik dalam menyelesaikan persoalan kedisiplinan peserta didik sudah cukup baik yang dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian. Solusi penanganan konflik yang dilakukan adalah dengan ancaman dan negosiasi. Ketiga, Kendala yang dihadapi adalah pemahaman anak yang labil, kurangnya kerja sama wali murid, keterbatasan sarana prasarana, komunikasi yang buruk, perbedaan kepribadian. Kata Kunci : Implementasi, Manajemen Konflik, Kedisiplinan peserta didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Alefia, Krisna Estiestikrisna29@gmail.com
Murniyanto, Murniyantomurniyanto@gmail.com
Amin, Muhammadaminmuhammad@iaincurup.co.id
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 16 May 2023 07:50
Last Modified: 16 May 2023 07:50
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3800

Actions (login required)

View Item View Item