Jayanti, Handini and Baryanto, Baryanto and Cikdin, Cikdin (2023) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Tanggung Jawab di SMKN 2 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
handini jayanti semua bab skripsi.pdf Download (12MB) |
Abstract
STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP TANGGUNG JAWAB DI SMKN 2 REJANG LEBONG Handini Jayanti Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk sikap tanggung jawab personal, moral dan sosial serta faktor penghambat dan faktor pedukung dalam proses pembentukan tanggung jawab tersebut. Adapun pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk sikap tanggung jawab personal di SMKN 2 Rejang Lebong?, bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk sikap tanggung jawab moral di SMKN 2 Rejang Lebong?, bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk tanggung jawab sosial di SMKN 2 Rejang Lebong?, dan apakah faktor penghambat dan faktor pendukung strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk tanggung jawab personal, moral, dan sosial di SMKN 2 Rejang Lebong?. Jenis penelitian ini ialah penelitian field research atau penelitian lapangan dengan menggunkan metode penelitian kualitatif dengan teknik snowball sampling. Dimana proses pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini kepala sekolah SMKN 2 Rejang Lebong, guru pendidikan agama Islam SMKN 2 Rejang Lebong, siswa SMKN 2 Rejang Lebong, dan orang tua siswa. Srategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk sikap tanggung jawab personal menggunakan strategi pendekatan secara langsung kepada siswa, strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk sikap tanggung jawab moral menggunakan strategi peneladanan dari guru, dan strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk sikap tanggung jawab sosial menggunakan strategi pembelajaran teman sejawat. Ada beberapa faktor penghambat yaitu: kurangnya perhatian dari orang tua, kurangnya keinginan menjadi lebih baik, dan meganggap bahwa hal tersebut tidaklah penting. Kemudian untuk faktor pendukung yaitu: keinginan untuk menjadi lebih baik, proses pembentukan sikap tanggung jawab yang mumpuni, komunikasi yang baik antar guru, siswa, orang tua, dan lingkungan sekitar. Kata kunci: Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Tanggung Jawab
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Users 31 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 16 May 2023 03:59 | ||||||||
Last Modified: | 16 May 2023 03:59 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3797 |
Actions (login required)
View Item |