Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MIS GUPPI No. Tasik Malaya

Verawati, Octa and Sahib, Abdul and Wanto, Deri (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MIS GUPPI No. Tasik Malaya. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan menggunaakan media pembelajaran, media pembelajaran audio visual adalah salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIS GUPPI No. 13 Tasik Malaya, 2). Untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIS GUPPI No. 13 Tasik Malaya, dan 3). Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembeljaarn audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam di MIS GUPPI No. 13 Tasik Malaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling jenuh. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V dan VI di MIS GUPPI No. 13 Tasik Malaya yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Analisis data yang digunakaan adalah analisis statistiks deskriftif dengan menggunakan rumus dengan t-test satu sampel dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan: 1). Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MIS GUPPI No 13 Tasik Malaya adalah baik dibuktikan dari thitung -0,03 < ttab 2.0226 masih berada pada daerah penerimaan H_0, dengan taraf α = 0,05 2). Penggunaan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah baik dibuktikan dari thitung 0,0044 masih berada pada daerah penerimaan H_0 dengan taraf α = 0,05 sehingga H_0 diterima atau tetap (belum ada perubahan) dan 3). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 39,45% antara variabel penggunan media pembelajaran (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y pada mata pelajaran SKI MIS GUPPI No. 13 Tasik Malaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Verawati, Octaoctavera27@gmail.com
Sahib, Abdulnursahib767@gmail.com
Wanto, Derideriwanto@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 17 May 2023 03:28
Last Modified: 17 May 2023 03:28
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3794

Actions (login required)

View Item View Item