Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Tanggung Jawab Pada Siswa di SMP Tamansiswa Kecamatan Curup Tengah

Sartika, Rani and Rahman, Abdul and Wanto, Deri (2021) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Tanggung Jawab Pada Siswa di SMP Tamansiswa Kecamatan Curup Tengah. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
RANI SARTIKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tanggung jawab, yakni sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagaimana yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, dan budaya), negara dan Tuhan YME. Maksudnya siswa bisa dikatakan bertanggung jawab jika dirinya telah melaksanakan tugas dan kewajibanya seperti mengkuti proses pembelajaran dengan baik di kelas, masuk kelas tepat waktu, memakai seragam sekolah saat dii sekolah dan membayar spp dengan tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter tanggung jawab di dalam proses pembelajaran di SMP Tamansiswa Kecamatan Curup Tengah. Jenis penelitian ini bersifat deskriftif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data meliputi metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun data pokok diperoleh dari guru Pendidikan Agama Islam, Kepala Sekolah serta siswa kelas VII SMP Tamansiswa Kecamatan Curup Tengah, sedangkan data penunjang berasal dari gambaran umum lokasi penelitian dan Staf tata usaha. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, kondisi karakter tanggung jawab di SMP Tamansiswa Kecamatan Curup Tengah yaitu, mengukti proses pembelajaran dengan baik di kelas, masuk kelas dengan tepat waktu, memakai seragam sekolah saat di sekolah dan membayar spp dengan tepat waktu. Kedua Upaya yang dapat dilakukan oleh Guru dalam menanamkan karakter tanggung jawab pada siswa di SMP Tamansiswa Kecamatan Curup Tengah yaitu memahami bahwa karakter peserta didik tidak berkembang dalam kecepatan yang sama, mengunakan metode pendidikan karakter yang bervariasi, memberi tugas yang berbeda bagi setiap peserta didik dan mengelompokkan peserta didik berdasarkan kemampuanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sartika, RaniUNSPECIFIED
Rahman, AbdulUNSPECIFIED
Wanto, DeriUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:24
Last Modified: 21 Aug 2023 02:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3627

Actions (login required)

View Item View Item