Rahmiyati, Rahmiyati and Rahmaningsih, Sri and Yanuarti, Eka (2021) Motivasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Metode Bercerita Di Kelas 1 Sd Negeri 02 Muara Kemumu. Sarjana thesis, IAIN CURUP.
Text
RAHMIYATI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 02 Muara Kemumu. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan penelitian data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan tentang orang-orang tertentu, perilaku yang dapat diamati sehingga menemukan kebenaran yang dapat diterima oleh akal sehat manusia, dengan demikian peneliti mempunyai pedoman pelaksanaan penelitian dengan informasi, konsep-konsep keterangan yang berbentuk uraian dalam mengungkapkan masalah. Subyek penelitian ini terdiri dari 1 orang guru yang mengajar di bidang PAI. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, dan penyajian data. metode bercerita adalah cara penyampaian atau penyajian materi pembelajaran secara lisan dalam bentuk cerita, Bercerita merupakan hal yang disenangi oleh semua manusia karena sebelum memiliki kemampuan menyampaikan pesan melalui tertulis, mereka menyampaikan pesan secara lisan. Oleh karena itu, metode bercerita merupakan metode yang mumpuni dalam menyampaikan pesan untuk mengubah akhlak, etika, budi pekerti serta moral dan itu menjadi awal pembentukan karakter yang baik untuk anak. Selain itu Motivasi dalam pembelajaran juga sangat diperlukan untuk membangkitkan semangat anak-anak dalam proses belajar maka dari itu Skripsi ini memaparkan tentang motivasi pembelajaran PAI dengan metode bercerita di SD Negeri 02 Muara Kemumu. Hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pertama, upaya yang dilakukan oleh guru dalam memotivasi siswa di SD Negeri 02 Muara Kemumu yaitu Menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, mengemukakan tujuan dan pentingnya belajar, menyajikan pelajaran dengan menggunakan metode secara sistematis dan terencana. Kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam metode bercerita di SD Negeri 02 Muara Kemumu terdiri dari dua fak tor, yaitu ada faktor pendukung dan juga factor penghambat. Faktor pendukung diantaranya adalah sarana dan prasarana, buku buku islami yang digunakan guru sebagai bahan bercerita, sedangkan factor penghamba diantaranya adalah sikap dan tingkah laku yang baik atau buruk, konsentrasi anak yang mudah berubah-ubah, serta lingkungan belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mr emeraldo nugroho | ||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2023 02:24 | ||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2023 02:24 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3622 |
Actions (login required)
View Item |