Pengaruh Media 3 Dimensi Terhadap Kemampuan Pemahaman Siswa Kelas V Pada Subtema Manusia Dan Lingkungan SD N 77 Rejang Lebong

Veronica, Feni (2019) Pengaruh Media 3 Dimensi Terhadap Kemampuan Pemahaman Siswa Kelas V Pada Subtema Manusia Dan Lingkungan SD N 77 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENGARUH MEDIA 3 DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN SDN 77 REJANG LEBONG.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan minimnya pemahaman siswa kelas V SDN 77 Rejang Lebong, untuk mengatasi masalah tersebut maka peneliti ingin melihat adanya perubahan dengan menggunakan media tiga dimensi yang bertujuan untuk melihat pengaruh pemahaman siswa yang ada sebelum maupun sesudah menggunakan media tiga dimensi. Metodologi penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Experimental Design. Populasi yang diambil seluruh kelas V SDN 77 Rejang Lebong yang berjumlah 42 orang, dengan sample kelas VB menjadi kelas eksperimen yang berjumlah 21, sedangkan kelas VA sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21 orang. Untuk melihat validitas dan reliabilitas peneliti menggunakan SPSS. 16, metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan tes dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa adanya pengaruh media tiga dimensi terhadap pemahaman siswa kelas V pada subtema manusia dan lingkungan di SDN 77 Rejang Lebong, hasil penelitiannya dapat dilihat dari nilai pemahaman siswa dengan membandingkan hasil pre test dengan post test siswa dikelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Hasil pre test kelas kontrol 65,24 dengan siswa yang tuntas menurut KKMsebesar 35% dan kelas eksperimen sebesar 75,48 dengan siswa yang tuntas menurut KKM sebesar 50%. Sedangkan hasil post testnilai rata-rata kelas kontrol sebesar 70,95, dengan siswa yang tuntas menurut KKM sebesar 43%, dan kelas eksperimen sebesar 80,95 dengan siswa yang tuntas menurut KKM sebesar 65%. Melihat perbandingan hasil dari pre test dan post test kelas eksperimen maka dapat ditarik kesimpulan bahwa media tiga dimensi berpengaruh terhadap pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Veronica, FeniUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerSusilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
ReviewerZulaiha, SitiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Tiga Dimensi; Pemahaman.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:23
Last Modified: 25 Oct 2019 04:23
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/362

Actions (login required)

View Item View Item