Metodologi Pengajaran Agama Islam Menurut Muhammad Abdul Qadir Ahmad

Mukodilah, Rita and Ifnaldi, Ifnaldi and Siswanto, Siswanto (2021) Metodologi Pengajaran Agama Islam Menurut Muhammad Abdul Qadir Ahmad. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
METODOLOGI PENGAJARAN AGAMA ISLAM MENURUT MUHAMMAD ABDUL QADIR AHMAD-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kurangnya perhatian pendidik terhadap penggunaan metode mengajar yang ia gunakan dalam proses pembelajaran dalam menyajikan materi. Sehingga materi pelajaran pun tidak dikuasai dengan sempurna oleh peserta didik. Karena suatu materi pelajaran tidak akan dapat berproses atau tersampaikan secara efektif dan efisien dalam kegiatan belajar mengajar menuju tujuan pendidikan jika tanpa menggunakan metode, sebab berhasil atau tidaknya peserta didik belajar sangat bergantung pada tepat atau tidaknya metode mengajar yang digunakan oleh pendidik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metodologi pengajaran agama Islam pada materi akidah, materi akhlak, dan materi ibadah menurut Muhammad Abdul Qadir Ahmad. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Sumber data utama dalam penelitian ini adalah buku Metodologi Pengajaran Agama Islam menurut Muhammad Abdul Qadir Ahmad, kemudian penelaahan terhadap buku-buku, jurnal, makalah, dan tulisan-tulisan lain yang terkait tentang objek pembelajaran metode. Teknik pengumpulan datanya dengan tiga cara yaitu editing, organizing, dan penemuan hasil penelitian. Teknik analisis data peneliti menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Metodologi pengajaran agama Islam menurut Muhammad Abdul Qadir Ahmad pada materi akidah yakni menggunakan metode cerita yang dilaksanakan dengan cara (a) Pengantar, (b) Uraian, (c) Menghubung-hubungkan yang sudah dipelajari dan dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, (d) Mengambil kesimpulan, dan (e) Penutup. Kedua, Metodologi pengajaran agama Islam menurut Muhammad Abdul Qadir Ahmad pada materi akhlak yakni menggunakan metode cerita yang dilaksanakan dengan cara (a) Persiapan, (b) Bahan pelajaran, (c) Hubungan/Evaluasi, (d) Kesimpulan, dan (e) Penutup. Ketiga, Metodologi pengajaran agama Islam menurut Muhammad Abdul Qadir Ahmad pada materi ibadah yakni menggunakan metode tanya jawab yang dilaksanakan dengan cara (a) Pendahuluan, (b) Penyajian, (c) Menghubunghubungkan pelajaran dengan realita kehidupan, (d) Kesimpulan, dan (e) Ulangan dan latihan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mukodilah, RitaUNSPECIFIED
Ifnaldi, IfnaldiUNSPECIFIED
Siswanto, SiswantoUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:24
Last Modified: 21 Aug 2023 02:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3618

Actions (login required)

View Item View Item