Redesaign Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid 19 (Studi di Prodi PAI IAIN Curup)

Hermanto, Dedi and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Baryanto, Baryanto (2021) Redesaign Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid 19 (Studi di Prodi PAI IAIN Curup). Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
DEDI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pada saat ini bahwa virus corona saat ini memberikan dampak yang luar biasa terutama dalam sektor pendidikaan. Salah satu alternatif pembelajaran yang dilakukan ialah pembelajaran online (daring). Sehingga dengan masalah seperti ini membuat semua pendidik terutama dosen harus meredesign ulang pembelajaran yang akan dilaksanakan, redesign dalam hal ini dapat berupa pengembangan pembelajaran yamg disajikan dengan berbagai bentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Redesign pembelajaran PAI di masa Pandemi Covid-19 di Prodi PAI IAIN Curup tahun akademik 2020/2021 2) Langkah-langkah Redesaign pembelajaran PAI saat pandemi Covid-19 di Prodi PAI IAIN Curup tahun akademik 2020/2021? 3)Faktor penghambat dan penunjang dalam pelaksanaan Redesaign Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 di Prodi PAI IAIN Curup Tahun akademik 2020/2021? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian tekhnik analisa data mengunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi serta uji kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Redesign pembelajaran PAI di masa Pandemi Covid-19 di Prodi PAI IAIN Curup tahun akademik 2020/2021 yaitu perubahan dan pengembangan pembelajaran mulai dari perencanaan, materi pembelajaran, metode pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. 2) Langkah-langkah Redesign pembelajaran PAI yaitu mulai dari tahap analisis pembelajaran, mendesain pembelajaran, Implementasi, dan evaluasi serta umpan balik. 3) Faktor pertama faktor pendorongnya motivasi mahasiswa mengikuti pembelajaran, antuasiasme mahasiswa dalam pembelajaran, kemudian rasa keingin tahuan mahasiswa untuk mengetahui materi pembelajaran. Faktor penghambatnya ialah sinyal yang susah, kuota mahasiswa yang kurang, serta fasilitas yang minim.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hermanto, DediUNSPECIFIED
Hamengkubuwono, HamengkubuwonoUNSPECIFIED
Baryanto, BaryantoUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:24
Last Modified: 21 Aug 2023 02:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3609

Actions (login required)

View Item View Item