Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Abdurrahman Wahid dan Relevansinya Terhadap Tujuan Pendidikan Nasional

Saputra, Damsi and Harmi, Hendra and Sagiman, Sagiman (2021) Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Abdurrahman Wahid dan Relevansinya Terhadap Tujuan Pendidikan Nasional. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
DAMSI SAPUTRA UNTUK KASET.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu hal penting dibahas adalah mengenai Pendidikan khususnya pada pendidikan Islam. Pendidikan Islam selalu terjadi pekembangan sesuai dengan perubahan zaman, untuk itu, pendidikan agama Islam harus didesain mengikuti alur perubahan tersebut, agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman itu sendiri. Mengenai hal itu, pendididkan Islam ataupun pendidikan pendidikan harus memberikan suatu bekal kepada peserta didik agar ketika tidak lagi dalam dunia pendidikan mereka udah dibekali dengan ilmu yang didapatkan dalam menghadap pesaingan dunia kerja tentunya. Penelitian ini merupakan kajian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan teknik literer. Sedangkan teknik analisisnya penulis mengunakan teknik analisis data (content analysis) bukubuku, Jurnal, dan referensi yang sesuai serta mendukung tentang pendidikan Islam terhadap tujuan pendidikan nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Abdurrahman Wahid dan Relevansinya terhadap Tujuan Pendidikan Nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemikiran Pendidikan Islam menurut Abdurrahman Wahid dan tujuan pendidikan nasional adalah suatu proses dalam menjadikan manusia sebagai insan kamil dan menjadikan manusia berjiwa sosial tinggi terhadap sesama manusia dan alam semesta. Terkait tujuan pendidikan nasional diIndonesia yaitu mengembangkan potensi serta bakat peserta didik serta mempersiapkan bekal dalam menghadapi dunia kerja sesuai dengan perencanaan dalam kurikulum pendidikan. Metode pendidikan Islam menurutnya ada tiga, yaitu metode Qishah, metode Ta’lim al-Kitab, metode Ibrah atau mauizah. Strategi pendidikan Islam ialah sosial-politik, strategi kebudayaan dan strategi sosialbudayaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Saputra, DamsiUNSPECIFIED
Harmi, HendraUNSPECIFIED
Sagiman, SagimanUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:25
Last Modified: 21 Aug 2023 02:25
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3608

Actions (login required)

View Item View Item