Game Online Di Kalangan Siswa Dan Implikasi Terhadap Motivasi Belajar (Studi Kasus Di MAN 02 Lebong)

Febrianti, Cindy and Sutarto, Sutarto and Suhermanto, Hadi (2021) Game Online Di Kalangan Siswa Dan Implikasi Terhadap Motivasi Belajar (Studi Kasus Di MAN 02 Lebong). Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
GAME ONLINE DI KALANGAN SISWA DAN IMPLIKASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (Studi Kasus di MAN 02 le.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu mengenai dengan game online di kalangan siswa dan implikasi terhadap motivasi belajar serta siswa yang sering bermain game online di sekolah maupun diluar lingkungan sekolah dengan menggunakan handphone, laptop/warnet(warung internet). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebiasaan siswa dalam bermain game online, faktor-faktor yang menyebabkan siswa sering bermain game online, serta mengetahui implikasi game online terhadap motivasi belajar siswa di MAN 02 Lebong. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dan subjek penelitian ini siswa, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, wali kelas dan orang tua. Sumber data primer penulis ini dari hasil wawancara dengan orang yang diwawancarai. Sedangkan data sekunder penulis dapat dari hasil dokumentasi/foto. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data peniliti ini adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Dan teknik uji keabsahan data peneliti menggunakan trigulasi. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan ini menunjukan bahwa : 1) kebiasaan siswa dalam bermain game online di man 02 lebong ada di sekolah dan diluar sekolah, jika disekolah biasanya siswa menggunakan laptop yang telah tersambung dengan wifi internet bermain setelah jam istirahat dengan bersembunyi-sembunyi, sedangkan diluar sekolah siswa bermain game online di rumah dan di warnet dengan menggunakan handphonenya biasanya waktu bermain empat sampai tujuh jam perhari, Jenis game online yang dimainkan yakni berupa mobile legend, free fire, battleground. 2) faktor yang menyebabkan siswa MAN 02 Lebong bermain karena kurangnya pengawasan dan perhatian orang tua, lingkungan,fasilitas, personal dari dirinya sendiri serta ajakan dari teman sebayanya. 3) implikasi game online terhadap motivasi belajar yakni membuat motivasi belajar menurun, semangat belajar hilang, malas belajar, sering mengantuk didalam kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Febrianti, CindyUNSPECIFIED
Sutarto, SutartoUNSPECIFIED
Suhermanto, HadiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:25
Last Modified: 21 Aug 2023 02:25
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3606

Actions (login required)

View Item View Item