Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Hots (Higher Order Thingking Skills) di Era Society 5.0

Pirzan, Pirzan and Karolina, Asri and Indrawari, Karliana (2021) Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Hots (Higher Order Thingking Skills) di Era Society 5.0. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) .pdf

Download (1MB)

Abstract

Berkembangnya teknologi informasi, saat ini sudah dihadpakan dengan munculnya era society 5.0, dimana segala proses permasalahan diselesaikan dengan teknologi yang melibatkan manusia untuk berperan di dalamnya . Terutama dalam dunia pendidikan harus siap dengan kemajuan era ini dengan mempersiapkan segala aspek yang akan menjadi persoalan nantinya didalam dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pendekatan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) di Era Society 5.0 Metodologi penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library reseach. Sumber dalam penelitian ini menggunakan dua sumber yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, dengan teknik analisis data analisi isi (Content Analysis). Hasil penelitian ini, Pendekatan Pembelajaran PAI di Era Society 5.0 adalah proses pembelajaran yang berbasis teknologi yang melibatkan manusia sebagai peran dengan melihat dari sudut pandang pendekatan yang paling tepat untuk dilakukan. Pendekatan pembelajaran PAI berbasis HOTS di era society 5.0 adalah proses pembelajaran dengan menggunakann pendekatan salah satunya STEAM yang mengharuskan siswa untuk melakukan penyelidikan ilmiah, dengan berbasis HOTS yang menekankan untuk berpikir secara kritis, kreatf, dalam mencari atau menyelesaikan permasalahan. Penyelesain masalah berbasis teknologi dengan menggunakan HOTS atau berpikir tingkat tinggi dengan tujuan untuk mencapai segala aspek keseluruhan dari rana kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Pirzan, PirzanUNSPECIFIED
Karolina, AsriUNSPECIFIED
Indrawari, KarlianaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:25
Last Modified: 21 Aug 2023 02:25
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3589

Actions (login required)

View Item View Item