Yolanda, Sinta and Nurjannah, Nurjannah and Indrawari, Karliana (2021) Kreativitas Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD N 81 Lebong. Sarjana thesis, IAIN CURUP.
Text
SINTA YOLANDA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan memahami materi pada siswa, seperti lambat dalam berfikir, kurangnya konsentrasi yang membuat siswa sulit memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dan subjek penelitian ini Guru Pendidikan Agama Islam. Sumber data primer penulis dari hasil wawancara dengan kepala sekolah dan siswasiswi kelas V, sedangkan data sekunder penulis dari hasil dokumentasi-dokumentasi dari pihak sekolah. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, Penarik Kesimpulan. Dan teknik uji keabsahan data menggunakan Kreadibilitas dan Triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian ini di lapangan menunjukkan bahwa, 1) Kesulitan belajar siswa dalam memahami mata pelajaran pendidikan agama islam. Masih kurangnya kemampuan siswa dalam memahami pelajaran. 2) Kreativitas Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, guru memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap siswa nya dan yang berkaitan dengan pekerjaannya, mencari tahu tentang karakter siswa dan latar belakangnya mengapa anak bisa mengalami kesulitan dalam belajar, akal yang panjang dalam mencari solusi untuk menyelesaikan masalah-masalahnya. 3) Faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas V di SD N 81 Lebong, faktor pendukung kreativitas guru seperti lingkungan yang kondusif, lingkungan yang bersih, rapi akan membuat siswa nyaman pada saat belajar, dan kesehatan juga men jadi faktor pendukung untuk kelancaran proses belajar, peran guru sangan penting dalam proses pembelajaran memberikan dorongan dan motivasi terhadap siswa agar lebih semangat dan membangun keinginannya untuk belajar. Sedangkan faktor penghambat sikap acuh siswa terhadap proses pembelajaran yang tidak terlalu memperhatikan guru saat menjelaskan materi dan kurangnya pengawasan dari orang tua saat dirumah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mr emeraldo nugroho | ||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2023 02:26 | ||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2023 02:26 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3584 |
Actions (login required)
View Item |