Metode Pembelajaran dalam Perspektif Pendidikan Islam Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0

Mukhlis, Muhammad and Rezi Susanto, Kemas and Karolina, Asri (2021) Metode Pembelajaran dalam Perspektif Pendidikan Islam Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
METODE PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian kualitatif dengan judul “Metode Pembelajaran dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Relevansinya dengan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0”, bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian : Bagaimana metode pembelajaran dalam perspektif pendidikan Islam?, bagaimana relevansinya dengan pembelajaran di era revolusi industri 4.0?, dan bagaimana dampak era revolusi industri 4.0 terhadap pembelajaran pendidikan Islam? Penelitian ini menggunakan metode penelitian Library Research, karena penelitian ini dilakukan serangkaian pengumpulan, mengolah dan menganalisis data yang diambil dari literatur-literatur tertulis, sehingga jelas mengenai metode pembelajaran dalam perspektif pendidikan Islam. Dalam penelitian ini data yang digunakan dalam penulisan ini diperoleh dari bahan bacaan berupa buku-buku metode pembelajaran dan sebagainya yang ada relefansinya dengan judul penelitian ini. Hasil penelitian diketahui bahwa metode pendidikan Islam harus diterapkan sejak awal dalam keluarga. Metode pendidikan Islam adalah cara-cara yang ditempuh dan dilaksanakan dalam pendidikan Islam agar mempermudah tercapainya tujuan pendidikan. Adapun metode pembeajaran dalam perspektif pendidikan Islam yaitu, metode Hiwar Qurani dan Nabawi, metode kisah Qurani dan Nabawi, metode Amtsal (perumpamaan), metode keteladanan (Uswah Hasanah), metode dengan latihan dan pengamalan, metode „Ibrah dan mau‟izhah, metode targhib dan tarhib, ), metode ceramah(Khutbah), dan metode diskusi. Dan didalam penelitian ini metode yang masih dianggap relevan untuk digunakan di zaman era revolusi industri 4.0 yaitu diantaranya metode Hiwar / dialog, metode keteladanan (Uswah Hasanah), metode diskusi, dan yang terakhir metode ceramah (Khutbah). Dan adapun dampak positif dari era revolusi industri 4.0 terhadap pendidikan yaitu kemudahan mengakses sumber informasi dan sistem pembelajaran yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun sehingga meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Sedangkan dampak negatifnya yaitu menurunnya kualitas moral mahasiwa diakibatkan karena tergerusnya kebudayaan lokal dan terpengaruhi kebudyaan barat ,selain itu tingkat kesenjangan sosial pun semakin meningkat. Dan lebih buruknya pendidikan dapat diajdikan ladang bsinis bagi mereka yang berkuasa dengan mengutamakan uang pembangunan gedung daripada peningkatan mutu pendidikan itu sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mukhlis, MuhammadUNSPECIFIED
Rezi Susanto, KemasUNSPECIFIED
Karolina, AsriUNSPECIFIED
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:26
Last Modified: 21 Aug 2023 02:26
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3567

Actions (login required)

View Item View Item