Yusepta, Uning and Arbaini, Wiwin and Palupi Putri, Dini (2022) Strategi Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Menanamkan Budaya Religius Di SDN 36 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN CURUP.
Text
Skripsi Uning Yusepta.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian yang membahas mengenai bagaimana stategi kepala sekolah dan guru dalam menanamkan budaya religius pada siswa, budaya religius penting untuk ditanamkan kepada siswa sejak dini apalagi dilihat dari perkembangan zaman di era globalisasi saat ini. Tujuan dalam penelitian ini untuk menjelaskan mengenai kepemimpinan kepala sekolah dan guru dalam menananmkan budaya religius. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Subjek atau informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik penggumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Reduksi data, penyajian data,serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pertama, kondisi budaya religius di SDN 36 Rejang Lebong setiap hari sudah mengalami kemajuan dilihat dari kegiatan yang dilaksanakan seperti membaca doa dan surah pendek ketika mulai dan setelah belajar, melakukan sholat dhuha, mengaji iqra, kultum,memperingati hari-hari besar islam. Kedua, strategi yang digunakan kepala sekolah dan guru dalam menanamkan budaya religius pada siswa SDN 36 Rejang Lebong yaitu perencanaan,pembiasaan, dan keteladanan. Ketiga, hambatan-hambatan yang dihadapi dalam menanamkan budaya religius yaitu kurangnya kesadaran diri siswa,kurangnya dukungan orang tua,lingkungan, dan waktu.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mr emeraldo nugroho | ||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2023 02:27 | ||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2023 02:27 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3547 |
Actions (login required)
View Item |