Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021 Pada SMA Negeri 4 Rejang Lebong

Naely, Usar and Asha, Lukman and Azwar, Beni (2022) Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021 Pada SMA Negeri 4 Rejang Lebong. Masters thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
USAR NAELY (TESIS).pdf

Download (2MB)

Abstract

Dinamika perkembangan pendidikan di Indonesia telah berulangkali mengalami pergantian kebijakan seiring pergantian Menteri Pendidikan, dengan desain kebijakan y baru harus tetap dilaksanakan. Kemendikbudristek melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah mengganti Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Nasional pada tahun 2021, melaui Peraturan Menteri nomor 17 tahun 2021 tentang Asesmen Nasional. Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Penelitian dengan jenis deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan atau menggambarkan suatu fenomena, dengan menggunakan metode evaluasi CIPP (Konteks, Input, Proses dan produk). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Tehnik pengumpulan data melaui metode : 1) Wawancara, 2) Observasi, 3) dokumentasi. Hasil penelitian ini: (1) Pelaksanaan Asesmen Nasional di SMA Negeri 4 Rejang Lebong perlu di evaluasi karena melalui evaluasi tersebut sekolah dapat memperbaiki kekurangan dan mengatasi hambatan yang ditemui pada saat pelaksanaan.(2) Kondisi sarana dan prasarana infra struktur pada SMA Negeri 4 Rejang Lebong dalam memenuhi persyaratan untuk mendukung pelaksanaan Asesmen Nasional tahun 2021 mengacu pada petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan ANBK tahun 2021 yang ditetapkan oleh Pelaksana Tingkat Pusat; (3) Pelaksanaan AKM di SMA Negeri 4 Rejang Lebong berjalan sesuai jadwal, selama 2 hari yaitu pada tanggal 27-28 September 2021 sesuai jadwal yang ditetapkan Kemendikburistek dan mengikuti Prosedur Operasional Standar (POS) Asesmen Nasional tahun 2021. (4) Hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan asesmen kompetensi minimum di SMA Negeri 4 Rejang Lebong yaitu ketidakhadiran beberapa siswa pada saat simulasi ,minimnya pengetahuan guru dan siswa terhadap fungsi dan tujuan Asesmen nasional; (5) Beberapa solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum di SMA Negeri 4 Rejang Lebong yaitu mengikuti kegiatan workshop Asesmen Nasional,pemanfaatan akun guru.id dalam pembelajaran, aktif dalam supervisi pendidikan. Selain itu, semua elemen sekolah berupaya untuk memperbaiki sistem pendidikan melalui indikator capaian Rapor Pendidikan SMA Negeri 4 Rejang Lebong guna menjadi wadah remidi terhadap pelaksanaan Asesmen Nasional tahun 2021 dan menjadi acuan persiapan menghadapi Asesmen Nasional tahun 2022.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Naely, UsarUNSPECIFIED
Asha, LukmanUNSPECIFIED
Azwar, BeniUNSPECIFIED
Subjects: L Education
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:27
Last Modified: 21 Aug 2023 02:27
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3545

Actions (login required)

View Item View Item