Lestari, Ayu and Kurniawan, Kurniawan and Arbaini, Wiwin (2022) Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menyiapkan Media Pembelajaran (di SDN 30 Rejang Lebong). Sarjana thesis, IAIN CURUP.
Text
KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENYIAPKAN MEDIA PEMBELAJARAN SDN 30 REJANG LEBONG.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Menyiapkan Media Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam di SDN 30 Rejang Lebong, Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menyiapkan Media Pembelajaran di SDN 30 Rejang Lebong, Faktor Pendukung dan Penghambat Menyiapkan Media Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam di SDN 30 Rejang Lebong. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menyiapkan media pembelajaran di SDN 30 Rejang Lebong. Dalam penelitian ini menyiapkan penelitian kualitatif deskriptif. Fokus penelitian adalah Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dan menyiapkan media pembelajaran. Dimana penulis hanya ingin memperoleh analisis data yang berkaitan dari Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menyiapkan media belajarannya. Pengumpulan datanya melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini adalah penelitian deskriftif, dengan lebih banyak uraian dari hasil wawancara dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh akan di analisis serta diuraikan dalam bentuk deskriftif. Analisis data kualitatif dilakukan secara intraktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Aktivitas dalam analisis data, yaitu redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: a. menyiapkan media pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam di SDN 30 Rejang Lebong menyesuaikan antara media pembelajaran dengan materi yang akan disajikan kepada peserta didik supaya proses belajar berjalan dengan baik dan terarah b. Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menyiapkan media pembelajaran di SDN 30 Rejang Lebong bahwa guru Pendidikan Agama Islam bermanfaatkan media power point sebagai media pembelajaran, dengan membuat slide-slide tentang materi-materi pelajaran dapat membuat suasana yang lebih menarik, nyaman dan menyenangkan. Agar peserta didik tidak merasa bosan dalam pembelajaran dan tertarik untuk belajar dan kualitas pendidikan agama islam akan lebih meningkat menjadi lebih baik c. Faktor pendukung dan penghambat menyiapkan media pembelajaran guru di SDN 30 Rejang Lebong salah satunya menyiapkan media pembelajaran power point yaitu: faktor pendukung, a) besar keinginan guru dan peserta didik untuk memanfaatkan media pembelajaran b) memberikan pengalaman lebih nyata c) menarik perhatian dan minat peserta didik dalam belajar d) semua indera peserta didik dapat aktifkan e) lama waktu pengajaran yang diperlukan dapat dipersingkat. Sedangkan faktor penghambat yaitu : a) adanya kekurang ketersediaan LCD proyektor dalam menyiapkan power point b)adapun faktor perbedaan peserta didik dalam memahami program-program power point c) kurangnya maksimal anak dalam menangkap materi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mr emeraldo nugroho | ||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2023 02:30 | ||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2023 02:30 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3508 |
Actions (login required)
View Item |