Upaya Guru Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran PAI Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Kelas XI di SMAN 3 Lebong

Lestari, Dwi and Arcanita, Rafia and Yanuarti, Eka (2022) Upaya Guru Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran PAI Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Kelas XI di SMAN 3 Lebong. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
SKRIPSI Dwi Lestari (18531042).pdf

Download (5MB)

Abstract

belajar siswa pada pelajaran PAI dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw pada kelas XI di SMAN 3 Lebong. Penelitian ini memfokuskan pada tiga pokok pembahasan penelitian yaitu bagaimana upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw pada pelajaran PAI pada kelas XI di SMAN 3 Lebong, serta apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PAI dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw pada kelas XI di SMAN 3 Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang melalui observasi dan wawancara dan data sekunder yaitu melalui hasil wawancara dan data dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu penelitian sendiri. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Untuk menjadi keabsahan data digunakan uji keradibilitas dengan triangulasi teknik dan sumber. Upaya guru meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PAI dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw pada kelas XI di SMAN 3 Lebong, yaitu dengan memberikan penjelasan materi secara rinci dan juga memberikan tugas di akhir pelajaran, serta menerapkan langkah-langkah dari model cooperative learning tipe jigsaw. Faktor pendukung yang mempengaruhi hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw yaitu dalam proses pembelajaran guru telah melakukan persiapan bahan ajar RPP, Silabus. Faktor penghambat dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw yaitu adanya beberapa siswa yang kurang dalam memahami pembelajaran yang disampaikan guru, sehingga guru menemukan solusi dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw dalam proses pelajarannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Lestari, DwiUNSPECIFIED
Arcanita, RafiaUNSPECIFIED
Yanuarti, EkaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:32
Last Modified: 21 Aug 2023 02:32
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3467

Actions (login required)

View Item View Item