Apriliyanto, Ahmad and Komalasari, Bakti and Rahmaningsih, Sri (2022) Implementasi Metode Research Based Learning Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Mahasiswa Prodi Pai Fakultas Tarbiyah IAIN Curup 2019. Sarjana thesis, IAIN CURUP.
Text
AHMAD.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mulai dari fenomena pembelajaran online yang mengharuskan dosen untuk menerapkan metode research based learning dalam proses pembelajaran. implementasinya guna meningkatkan kreativitas belajar mahasiswa PAI angkatan 2019 yang mengikuti proses pembelajaran PAI di SD, SMP, dan SMAAdapun solusi alternatif untuk mengimplementasikan metode research based learning melalui berbagai tugas yang diberikan dosen seperti pembuatan video pembelajaran dan mini riset Tujuan penelitian ini yang pertama, untuk mengetahui implementasi metode reserch based learning dalam meningkatkan kreativitas belajar mahasiswa Yang kedua, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode research based learning dalam meningkatkan kreativitas belajar mahasiswa prodi PAI semester 5 angkatan 2019. Peneliti ini merupakan peneliti lapangang (field research) yang bersifat deksriptif kualitatif. Subyek penelitian ini yakni dosen mata kuliah materi dan pembelajaran PAI di SD, PAI di SMP, PAI di SMA dan mahasiwa PAI semester 5 angkatan 2019. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis datanya mengunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi, kemudian uji kredibilitas data menggunakan tringulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menjelaskan yang pertama, Implementasi Metode Research Based Learning Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Mahasiswa Prodi PAI Dengan hasil implementasi metode research based learning berupa analisis, kritikan terhadap silabus dan RPP, membuat sebuah video pembelajaran serta membuat suatu karya ilmiah berupa mini riset mahasiswa. Dari metode research based learning yang diterapkan oleh dosen PAI pada mahasiswa dapat meningkatkan kreativitas belajar mahasiswa. Yang Kedua faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan metode research based learning dalam meningkatkan kreativitas belajar mahasiswa, bahwa faktor pendukungnya dapat dilihat pada respon mahasiswa dalam proses pembelajaran yang terbuka atau welcome, mahasiswa aktif mengikuti proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan harapan dosen. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu pada waktu pelaksanaan penelitian yang memakan banyak waktu dikarenakan banyak tahapan yang harus terealisasi dalam melakukan suatu penelitian.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mr emeraldo nugroho | ||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2023 02:32 | ||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2023 02:32 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3463 |
Actions (login required)
View Item |