Sagita, Ayu and Masudi, Masudi and Susilawati, Susilawati (2022) Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa Madrasah Aliyah Swasta Pinang Belapis, Kabupaten Lebong. Sarjana thesis, IAIN CURUP.
Text
UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA MADRASAH ALIYAH SWASTA PINANG BELAPIS KABUPAT.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bagaimana upaya guru dalam mencapai tujuannya pada saat proses pembelajaran berlangsung. Guru adalah orang yang terlibatkan langsung dalam proses pembelajaran di sekolah. Mengingat krisis akhlak yang melandai negeri ini, sebagai mana keluhan dari orang tua, pendidik dan masyarakat yang ikut serta dalam dunia keagamaan dan sosial berkenaan dengan ulah para siswa yang sulit dikendali, nakal, keras kepala, serta sering membully teman sebaya. Maka peran guru dalam upaya membina anak sangat menentukan perubahan akhlak siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang menggambarkan suatu keadaan atau peristiwa yang terjadi dilapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini di peroleh bahwa Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa MAS Pinang belapis, Kabupaten Lebong. Pertama, guru akidah akhlak memiliki andil yang amat besar dalam membina akhlak karena ini menyangkut akhlak anak, guru Akidah Akhlak tidak hanya mengajar di kelas saja namun juga ikut andil dalam kegiatan yang lain guna membentuk karakter Akhlak siswa dengan cara memberikan contoh yang baik. Kedua, Metode yang sering digunakan guru Akidah Akhlak di MAS Pinang Belapis untuk membina akhlak siswa adalah metode ceramah, metode pendekatan, metode hukuman dan metode pembiasaan. Ketiga, Faktor pendukung yang menunjang dalam pelaksanaannya ialah lingkungan sekolah yang kondusif, masyarakat disekitar sekolah yang relegius, SDM yang responsif. Faktor penghambat, pergaulan bebas, waktu yang tidak mencukupi bagi guru, sikap serta prilaku siswa yang beragam, kesadaran siswa yang kurang dalam mengikuti kegiatan, prasarana disekolah yang kurang, pengaruh perkembangan teknologi digital, keluarga yang kurang harmonis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mr emeraldo nugroho | ||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2023 02:32 | ||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2023 02:32 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3460 |
Actions (login required)
View Item |