Pengaruh Sistem Pembelajaran Moving Class Terhadap Keterampilan Interaktif Siswa Pada Pelajaran Ipa Kelas V Mis 05 Darussalam Kepahiang

Harianti, Yofy (2019) Pengaruh Sistem Pembelajaran Moving Class Terhadap Keterampilan Interaktif Siswa Pada Pelajaran Ipa Kelas V Mis 05 Darussalam Kepahiang. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN MOVING CLASS TERHADAP KETERAMPILAN INTERAKTIF SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS V MIS 05 DARUSSALAM KEPAHIANG.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sistem Pembelajarn Moving class merupakan sistem pembelajaran yang mencirikan kelas berkarakter mata pelajaran, dengan demikian peserta didik akan berpindah tempat sesuai dengan jadwal mata pelajaran yang telah ditentukan. Konsep moving class mengacu pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan memberikan lingkungan yang dinamis sesuai dengan yang dipelajarinya. Pembelajaran Moving class dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan Interaktif siswa dalam pembelajaran IPA. Pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung agar siswa mengatahui dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pelaksanaan sistem pembelajaran Moving Class pada Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V MIS 05 Darussalam kepahiang, 2) Untuk Mengetahui pengaruh sistem pembelajaran Moving Class terhadap keterampilan interaktif siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V MIS 05 Darussalam Kepahiang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian Kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V MIS 05 Darussalam Kepahiang yang berjumlah 90 orang siswa. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah 90 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dan angket. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Uji hipotesis atau Uji-t. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Dari pengamatan secara keseluruhan, disimpulkan bahwa sistem Pembelajaran Moving Class sangat efektif dilaksanakan dalam kegiatan proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran IPA. Ini dikarenakan guru dapat menggunakan berbagai sumber yang telah disediakan baik itu berupa buku penunjang, maupun alat peraga yang telah disediakan di perpustakaan. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan diperoleh skor pengamatan pembelajaran dengan sistem Moving Class berjumlah 24 dengan kriteria “Baik”, (2) Berdasarkan perhitungan uji t diatas diperoleh thitung sebesar 37.5, sedangkan ttabel dengan df = (N1 + N2) – nr = ( 38 + 90 ) – 2 = 128 – 2 = 126 pada taraf signifikan 5% sebesar 1,673. Karena thitung > ttabel, Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa Penerapan Sistem Pembelajaran Moving Class sangat berpengaruh positif terhadap Keterampilan Interaktif siswa Kelas V MIS 05 Darussalam Kepahiang pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Harianti, YofyUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerSusilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
ReviewerNasution, SyaripahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sistem Pembelajaran Moving Class; Keterampilan Interaktif Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:22
Last Modified: 25 Oct 2019 04:22
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/346

Actions (login required)

View Item View Item