Kriteria dan Profesionalitas Guru PAI Menurut Imam Al-Ghazali

Ratna Sari, Ayu and Nelson, Nelson and Din, Cik (2022) Kriteria dan Profesionalitas Guru PAI Menurut Imam Al-Ghazali. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
KRITERIA DAN PROFESIONALITAS GURU PAI MENURUT IMAM AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berorientasi pada permasalahan saat ini yang terjadi di sekitar kita adalah profesionalitas guru yang sangat berpengaruh pada kebutuhan masa sekarang. Khususnya pada guru PAI menjadi perhatian yang sangat serius. Padahal, guru PAI dituntut untuk dapat bertanggung jawab dalam mendidik anak muridnya dengan baik. Maka, yang menjadi masalah dalam penelitian adalah bagaimana kriteria dan profesionalitas guru PAI yang baik menurut Imam Al-Ghazali. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apa saja kriteria dan profesionalitas guru PAI berdasarkan pandangan Imam al-Ghazali. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian library research. Sedangkan metode untuk mengumpulkan datanya adalah dengan membaca buku yang diterjemahkan dari ringkasan (mukhtasar) Ihya „Ulumiddinkarya Imam Al-Ghazali untuk mempelajari materi atau penjelasan dari buku tersebut. Metode analisis yang digunakan oleh penulis adalah content analysis. Berdasarkan hasil analisis bahwa: kriteria dan profesionalitas guru PAI menurut Imam al-Ghazali merupakan cerminan yang senantiasa menjadi pertimbangan untuk seorang guru, khususnya kepada guru PAI dalam mengemban amanah sebagai pendidik diharapkan dapat berkontribusi dan mampu mewujudkan insan yang rahmatan lil ‘alamin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ratna Sari, AyuUNSPECIFIED
Nelson, NelsonUNSPECIFIED
Din, CikUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:32
Last Modified: 21 Aug 2023 02:32
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3455

Actions (login required)

View Item View Item