Pengaruh penggunaan media poster terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 12 Rejang Lebong

Juniarti, Selvi and Ratnawati, Ratnawati and Meldina, Tika (2023) Pengaruh penggunaan media poster terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 12 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institute Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SELVI JUNIARTI.NIM 17591120.PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POSTER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD N 12 REJANG LEBONG.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Penggunaan Media Poster Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di SDN 12 Rejang Lebong Oleh: Selvi Juniarti (17591120) Dalam kegiatan pembelajaran, media pembelajaran merupakan salah satu penyambung informasi yang pada waktu dan situasi yang tepat dapat mempercepat proses pembelajaran bahkan mempengaruhi motivasi belajar siswa. Motivasi belajar dikatakan sebagai daya penggerak, yang berasal dari dalam dan luar diri siswa, membangkitkan kegiatan belajar sehingga arah dan tujuan belajar dapat tercapai. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuinya perbedaan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media poster dengan pembelajaran konvesional dan besarnya tingkat pengaruh penggunaan media poster terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 12 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis data berupa regresi sederhana dengan tujuan menganalisis besarnya pengaruh penggunaan media poster dan variabel (Y). Subyek penelitian ini adalah media poster dan motivasi belajar siswa (Y). Selain itu, sampel acak digunakan dalam penelitian ini 30 siswa kelas IV SDN 12 Rejang Lebong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi yang diperoleh peneliti sebesar 78,4%, bahwa media poster berpengaruh secara positif dalam proses motivasi belajar, dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) pada penelitian ini diterima dan hipotesis nihil (Ho) pada penelitian ini di tolak. Sehingga terdapat perbedaan motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini berdasarkan pada hasil rata-rata persentase TCR kelas kontrol 59,9% dan kelas eksperimen 75,2% dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SDN 12 Rejang Lebong memiliki tingkat motivasi belajar yang berbeda. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Media Poster, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Juniarti, Selvisilvijuniarti07@gmail.com
Ratnawati, Ratnawatiratnawati@iaincurup.ac.id
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:28
Last Modified: 20 Mar 2023 07:28
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3453

Actions (login required)

View Item View Item