Putriani, Devia and Warsah, Idi and Yanuarti, Eka (2022) Peran Guru Pedidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Negeri 10 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN CURUP.
Text
Skripsi Devia Putriani (18531035).pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang mengenai pentingnya peran guru. Guru memiliki banyak sekali peran dalam dunia pendidikan. Seperti halnya peran guru PAI yang ada di SMP Negeri 10 Rejang Lebong dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Setiap anak tentunya memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan sebagai seorang guru harus memahi hal tersebut. Maka peneliti memfokuskan permasalahan dalam penelitian ini yaitu pada peran guru pedidikan agama islam (PAI) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 10 Rejang Lebong. Tujuan dari permaslahan ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 10 Rejang Lebong?, 2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 10 Rejang Lebong. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan fakta-fakta deskriptif berupa informasi-informasi yang diperoleh dari responden berupa kata-kata tertulis maupun lisan yang diperoleh dari lingkungan sekolah SMP Negeri 10 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 10 Rejang Lebong dapat disimpulkan bahwa: 1) Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa di SMP Negeri 10 Rejang Lebong sudah dilakukan dengan peran guru sebagai demonstrator, manajer/pengelola kelas, sebagai mediator/fasilitator, dan sebagai evaluator. Namun dilihat dari hasil penelitian peneliti menemukan bahwa guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis sudah cukup baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, hal tersebut dapat dilihat dari penggunaan RPP dan instrumen evaluasi yang digunakan oleh guru pendidikan agama islam. 2) Faktorfaktor yang mempengaruhi kemampuan berfikir kritis siswa SMP Negeri 10 Rejang Lebong yaitu faktor psikologi, faktor fisiologi, kemandirian belajar dan kecemasan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mr emeraldo nugroho | ||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2023 02:32 | ||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2023 02:32 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3443 |
Actions (login required)
View Item |