Manajemen Bina Pribadi Islami (BPI) dalam Menumbuhkan Totalitas Beragama di SMPIT Cahaya Robbani Kepahiang Bengkulu

Ristiono, Dedi and Kisworo, Budi and Asha, Lukman (2022) Manajemen Bina Pribadi Islami (BPI) dalam Menumbuhkan Totalitas Beragama di SMPIT Cahaya Robbani Kepahiang Bengkulu. Masters thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
MANAJEMEN BINA PRIBADI ISLAMI (BPI) DALAM MENUMBUHKAN TOTALITAS BERAGAMA DI SMPIT CAHAYA ROBBANI KEPAHIANG BENGKULU.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu problematika yang dihadapi oleh SMPIT Cahaya Robbani Kepahiang sebagai salah satu sekolah tingkat menegah pertama berbasis Sekolah Islam Terpadu (SIT) ialah rendahnya kualitas agama siswa dan siswi baru dalam aspek akidah, syariah dan akhlak, ini menimbulkan kurangnya sikap totalitas keagamaan siswa. Hal ini menjadi salah satu latar belakang terkuat sekolah mengadakan kegiatan Bina Pribadi Islami sebagai salah satu upaya yang dilaksanakan. Tentunya kegiatan ini akan berjalan dengan baik apabila disertai dengan manajemen yang bagus. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana manajemen kegiatan Bina Pribadi Islami dalam menumbuhkan totalitas beragama serta menjelaskan bagaimana konsep totalitas beragama di SMPIT Cahaya Robbani Kepahiang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa perencanaan menjadi salah satu aspek penting yang dilakukan dalam kegiatan Bina Pribadi Islami, kegiatan ini perlu dilakukan untuk menumbuhkan sikap totalitas beragama siswa, direncanakan kegiatan dilaksanakan dalam lingkungan sekolah oleh guru mentor dan siswa, sistematika pelaksanaan dan aspek penilaiannnya juga telah direncanakan. Pengorganisasian dilakukan dengan menentukan guru-guru yang dapat menjadi pementor. Pelaksanaan kegitan Bina Pribadi Islami dilakukan dengan tahap pembukaan, dilanjutkan dengan tilawah, pembacaan kisah Nabi atau Rasul, kisah salah seorang sahabat, atau kepahlawanan dalam Islam, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan berita Islami terbaru, penyampaian materi dan penutup. Pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah atau koordinator Bina Pribadi Islami untuk evaluasi dan perbaikan kegiatan kedepannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Ristiono, DediUNSPECIFIED
Kisworo, BudiUNSPECIFIED
Asha, LukmanUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:32
Last Modified: 21 Aug 2023 02:32
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3441

Actions (login required)

View Item View Item