Analisis Kebijakan Kurikulum 2013 Perspektif Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Agustin, Alfiana and Kurniawan, Kurniawan and Baryanto, Baryanto (2022) Analisis Kebijakan Kurikulum 2013 Perspektif Pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
ANALISIS KEBIJAKAN KURIKULUM 2013 PERSPEKTIF PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Setelah melihat data dan menganalisa semua data yang telah tersaji pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan : 1. Kerangka Pemikiran dalam kebijakan kurikulum 2013 memusatkan pembelajaran kepada siswa dengan sumber belajar yang luas, sehingga siswa menjadi lebih aktif dan lebih banyak terlibat dalam proses pembelajaran. Kebijakan tersebut selaras dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara bahwa seorang guru bukan hanya berperan sebagai pengajar, pemberi pembelajaran, tetapi lebih dari itu seorang guru (pamong) berada di depan untuk memberikan contoh, membangkitkan semangat belajar anak, memberikan ide-ide untuk berinovasi serta memberikan dorongan motivasi, sehingga siswa menjadi lebih aktif, percaya diri, dan kreatif. 2. Kurikulum 2013 dan Ki Hadjar Dewantara memiliki landasan dalam pengembangan kurikulum belajar yang nantinya akan diterapkan. Landasan filosofis dalam 2013 selaras dengan fatwa yang di cetuskan oleh Ki Hadjar Dewantara yaitu Tetep - Mantep – Antep, landasan teoritis yang selaras dengan Ngandel - Kendel – Bandel, dan landasan yuridis dalam kurikulum 2013 selaras dengan UUD 1945 Pasal 31 ayat 1,2, dan 3 yang merupakan saksi serta alasan Ki Hadjar Dewantara sangat memperhatikan pendidikan di Indonesia. 3. Struktur kurikulum 2013 dan Ki Hadjar memiliki struktur yang rinci dan sistematis. Pembelajaran yang diterapkan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, kebutuhan siswa dalam pembelajaran, serta sesuai dengan tingkat usia siswa yang merujuk pada ilmu psikologi perkembangan anak, yang berarti materi yang diberikan benar-benar sesuai dengan tahapan perkembangan anak secara psikologis dan kodratnya. Apabila jika kedua konsep tersebut dikolaborasikan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal serta mencapai tujuan kurikulum yang telah disusun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Agustin, AlfianaUNSPECIFIED
Kurniawan, KurniawanUNSPECIFIED
Baryanto, BaryantoUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:20
Last Modified: 21 Aug 2023 02:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3414

Actions (login required)

View Item View Item